Daerah

Gempa Guncang Manokwari Tidak Timbulkan Kerusakan dan Korban Jiwa 

Redaktur: Redjo Prahananda
Gempa Guncang Manokwari Tidak Timbulkan Kerusakan dan Korban Jiwa  - Daerah

Foto Ilustrasi: Alat Pendeteksi Gempa Bumi. 

INDOPOS.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan gempa bumi yang mengguncang Manokwari Selatan, Papua Barat pukul 10.03 WIB Jumat (28/12/2018) dengan kekuatan Magnitudo 6,1 tidak menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

"Setelah posko BNPB melakukan konfirmasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ke Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari maupun di Provinsi Papua Barat tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerusakan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (28/12/2018).

Gempa dirasakan cukup kuat selama 6 detik di Kabupaten Manokwari Selatan. Masyarakat sempat panik dan keluar rumah. "Masyarakat berhamburan keluar rumah, masyarakat manokwari berkumpul di kantor Bupati maupun di lapangan ya tentunya setelah normal mereka kembali saat sitausi aman," jelas Sutopo. 

Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada gempa susulan. BMKG menyebutkan gempa terjadi pada pukul 10.03 WIB, Jumat (28/12/2018).

Lokasi gempa berada di koordinat 1,40 Lintang Selatan dan 134,10 Bujur Timur atau 55 kilometer arah tenggara dari Manokwari Selatan, Papua Barat. Titik pusat gempa berada di kedalaman 26 km. (dan)

Berita Terkait

Headline / Kenali Ancaman Bencana agar Selamat

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Daerah / Imbau Warga Waspada Banjir Susulan

Nusantara / Situasi Masyarakat Sudah Kondusif Pascagempa Banggai

Nasional / Rekonstruksi Pascabencana Sulteng Butuh Rp 36 T

Daerah / Awal Musim Kemarau, Siaga Antisipasi Karhutla


Baca Juga !.