Lifestyle

Selain Nutrisi, Anak Juga Perlu Punya Keahlian

Redaktur: Sicilia
Selain Nutrisi, Anak Juga Perlu Punya Keahlian - Lifestyle

ASAH KEMAMPUAN - Anak-anak dibimbing agar memiliki skill sebagai bekal perkembangan menuju dewasa.

INDOPOS.CO.ID - Tak hanya sehat, anak juga perlu memiliki skill dan karakter. Sehingga dapat beradaptasi dengan baik dalam berbagai kondisi lingkungan.

Para ahli menyebutkan bahwa saat ini hidup dalam VUCA World. Dunia selalu bergerak (volatile), tidak pasti (uncertain), kompleks (complex), dan ambigu (ambiguous). Karena itu, sistem edukasi saja tidak mampu mengimbangi perubahan yang ada.

Seorang anak butuh mengejar perubahan dengan kecerdasan emosional, kemampuan formulasi masalah, empati, hingga kegigihan untuk mampu menghadapi tantangan yang akan terjadi.

Ajeng Raviando, pakar Psikologi dan Parenting mengatakan, perubahan kondisi yang begitu cepat memerlukan kesiapan dari ibu dan si kecil agar siap menghadapi tantangan.

Ibu yang siap akan menghasilkan generasi yang siap pula, sehingga penting untuk ibu mempersiapkan kebutuhan nutrisi dan stimulasi positif sedini mungkin untuk memastikan kualitas pertumbuhan dan perkembangan potensi anak yang maksimal.

''Usia 1 tahun hingga 6 tahun merupakan periode penting dalam mempersiapkan anak untuk masa depan yang terus berubah. Dalam membangun kesiapan anak, peran seorang mama sangat penting untuk mempersiapkan karakter anak yang pantang menyerah. Anak perlu memiliki karakter yang harus dibangun sejak kecil, yaitu adaptif, mandiri, berani, gigih, dan banyak akal,'' ungkap dia di Jakarta, baru-baru ini.

Bidan Jamilatus Sa’diyah menjelaskan, ada banyak cara untuk mendukung kesiapan ibu dalam mempersiapkan buah hati, salah satunya adalah dengan menanamkan pemikiran positif dalam menghadapi tantangan kehamilan agar mama dapat menjalani kehamilan dengan tenang tanpa perlu mengkhawatirkan banyak hal.

Terus berpikir positif dan yakin bahwa kita bisa menjalani proses kehamilan ini dengan lancar. ''Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan agar calon buah hati juga ikut merasakan ketenangan dan keyakinan yang mama rasakan,'' imbuh dia.

Menyadari pentingnya membangun kesiapan ibu dan si Kecil, Patrisia Marlina, Head of Brand Lactamil dan Nutrilon Royal Nutricia mengatakan pihaknya melalui Lactamil dan Nutrilon Royal mengkampanyekan pesan "Raise Them Ready".

Melalui kampanye itu, pihaknya ingin mengajak para Mama untuk mengadopsi pola parenting yang berbeda, mengajak si Kecil belajar dan berinteraksi langsung dengan dunia luar. ''Hal itu agar anak bisa membentuk karakter tangguh dan siap menghadapi tantangan di masa depan,'' imbuh dia.

Patrisia menambahkan, sepanjang 2018 Lactamil telah melakukan edukasi kepada 1.800 Mama melalu Lactamil Mama Class dan menjangkau 75.000 penonton melalui kelas online.

Sedangkan Nutrilon Royal melalui One Step Ahead Academy telah memfasilitasi lebih dari 35.000 orang dalam program stimulasi 6 skills fundamental untuk tumbuh kembang optimal anak.

''Kami berharap dapat membantu Mama dalam mempersiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan di masa depan. Karena masa depan adalah milik Mama yang siap,'' pungkas dia. (dew)

Berita Terkait

Lifestyle / Nutrisi Makanan versus Suplemen

Lifestyle / Wajib, Nutrisi Sejak di Kandungan

Lifestyle / Rutin Sarapan Pagi, Anak Semakin Pintar


Baca Juga !.