Viral

H+7 Korban Tsunami Selat Sunda Capai 431 Orang Meninggal 

Redaktur: Redjo Prahananda
H+7 Korban Tsunami Selat Sunda Capai 431 Orang Meninggal  - Viral

Kondisi terdampak bencana tsunami Selat Sunda. Foto: Dok BNPB.

INDOPOS.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata jumlah korban bencana tsunami Selat Sunda, khususnya daerah Pandeglang, Lampung Selatan dan Serang. Hingga Sabtu (29/12/2018) mencapai korban 431 orang meninggal dunia dan 7.200 orang luka-luka. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, para korban tersebut berasal dari lima Kabupaten yaitu Pandenglang, Serang, Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus.

"Di Pandeglang tercatat 292 orang meninggal dunia, 3.976 orang luka-luka, Kabupaten Serang tercatat 21 orang meninggal dunia, 247 orang luka-luka. Sementara Lampung Selatan tercatat 116 orang meninggal dunia, 2.976 orang luka-luka," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (29/12/2018).

Upaya penangangan darurat masih terus dilakukan. Tm SAR gabungan terus mencari korban yang berada di bawah puing-puing material hanyutan tsunami. Juga menyisir daerah di sepanjang pantai terdampak. "Tim SAR gabungan menemukan jenasah korban di sekitar pantai Pandeglang dan Serang," jelas Sutopo. 

Kerugian material antara lain 1.527 unit rumah rusak berat, 70 unit rumah rusak sedang, 181 unit rumah rusak ringan, 78 unit penginapan dan warung rusak, 434 perahu dan kapal rusak dan beberapa kerusakan fasilitas publik. 

Untuk membantu proses evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban di sumur maka dikerahkan 31 alat berat berupa 9 unit excavator, 1 unit greader, 4 unit loader, 3 unit tronton, dan 14 unit dump truck. Tiga helikopter dikerahkan untuk mengirim logistik dari udara. (dan)

Berita Terkait

Megapolitan / Bentengi Tsunami dengan Ribuan Pohon

Banten Raya / Bangun Huntara untuk Korban Tsunami Hasil Patungan

Headline / BMKG Peringatkan Gelombang 2,5 Meter di Krui Lampung

Megapolitan / ”Ondel-Ondel” se-Jabodetabek Bantu Korban Tsunami


Baca Juga !.