Nasional

Indonesia Pegang Freeport, Gema Kosgoro Acungkan Jempol untuk Jokowi-JK

Redaktur: Redjo Prahananda
Indonesia Pegang Freeport, Gema Kosgoro Acungkan Jempol untuk Jokowi-JK - Nasional

INDOPOS.CO.ID - Gerakan Mahasiswa Kosgoro mengapresiasi keberhasilan Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla mengakuisisi kepemilikan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi 51 persen melalui Badan Usaha Milik Negara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

“Keberhasilan mengakuisisi saham PTFI menjadi 51 persen menjadi kado akhir tahun 2018 spesial untuk Indonesia dan rakyat Papua,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Mahasiswa Kosgoro HM, Untung Kurniadi, di Jakarta, Selasa (1/1/2019).

Menurut dia, peralihan kepemilikan mayoritas saham PTFI ke Indonesia sudah sesuai dengan amanat pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 Bumi dan air dan kekayaan alam terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

“Dengan kepemilikan 51 persen saham pada PTFI, maka pemerintahan Indonesia melalui BUMN PT Inalum otomatis menjadi pemegang saham pengendali sekaligus menguasai Freeport sehingga kekayaan tambang Freeport dapat digunakan untuk kemakmuran rakyat,” katanya.

Inalum telah menggenggam saham 51,1 persen saham PT Freeport Indonesia dengan membayar lunas USD 3,85 miliar. “Inalum menggenggam saham secara langsung di PTFI sebanyak 26,23 persen dan 25 persen pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Indonesia Papua Metal dan Mineral (IPMM) . Semula PT ini bernama PT Indocopper Investama (PTII)," tutur dia. (zbs)

Berita Terkait

Daerah / Korban PHK Freeport Tuntut Kejelasan Nasib

Nasional / Obama dan Trump Tak Pernah Singgung Freeport

Nusantara / Polisi Investigasi Kecelakaan Tambang Bawah Tanah PT Freeport

Ekonomi / Tahun Ini Freeport Hentikan Pertambangan Terbuka

Nasional / Sudirman Said Ungkap Pertemuan Rahasia Jokowi dengan Bos Freeport

Nasional / Divestasi Freeport Bakal ke KPK


Baca Juga !.