Internasional

Kritik Kerajaan Saudi, Netflix Hapus Komedi Satir

Redaktur: Ahmad Nugraha
Kritik Kerajaan Saudi, Netflix Hapus Komedi Satir - Internasional

DALAM KENANGAN - Khashoggi adalah seorang jurnalis kritis yang kerap mengkritik keluarga Kerajaan Saudi. Foto: AFP

INDOPOS.CO.ID - Netflix menghapus layanan streaming di Arab Saudi, pada episode komedi satir yang mengkritik pihak Kerajaan Saudi. Episode kedua Patriot Act, dengan komedian AS Hasan Minhaj didalamnya, dihapus setelah keluhan resmi bahwa ia telah melanggar hukum anti-cybercrime Saudi. Netflix mengkonfirmasi hal tersebut ke surat kabar Financial Times (FT) Inggris.

Disebutkan pihaknya sangat mendukung kebebasan artistik tetapi harus mematuhi hukum setempat. Terlepas dari hal tersebut, orang-orang di Arab Saudi masih dapat menonton episode di saluran YouTube.

Dalam episode yang telah dihapus, Minhaj mengkritik Putra Mahkota Mohammed Bin Salman atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul pada bulan Oktober. Netflix mengonfirmasi telah menghapus episode minggu lalu setelah ada permintaan dari Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi Kerajaan Saudi.

"Kami sangat mendukung kebebasan artistik di seluruh dunia dan hanya menghapus episode ini di Arab Saudi setelah kami menerima permintaan hukum yang valid, dan untuk mematuhi hukum setempat," kata Netflix. (iml/jpc)

Berita Terkait

Internasional / Hukuman Mati Bagi LGBT Tak Berlaku

Internasional / Arab Saudi Ancam Hukum Mati WNI Gara-Gara Bawa Jimat

Internasional / Saudi Cela Pengakuan Trump Atas Dataran Tinggi Golan

Internasional / Kaisar Akihito Lepas Takhta


Baca Juga !.