Politik

Caleg ini Apresiasi Gerak Cepat KPU dan Bawaslu Bongkar Hoaks Surat Suara

Redaktur: Redjo Prahananda
Caleg ini Apresiasi Gerak Cepat KPU dan Bawaslu Bongkar Hoaks Surat Suara - Politik

Calon Anggota Legislatif dari Partai NasDem Karna Brata Lesmana. Foto : istimewa

INDOPOS.CO.ID - Calon Anggota Legislatif dari Partai NasDem Karna Brata Lesmana mengapresiasi langkah cepat KPU dan Bawaslu dalam mengungkap hoaks 70 juta surat suara tercoblos. Ia pun mengecam perbuatan oknum yang menyebarkan berita tersebut.

“Berita hoaks ini sungguh akan mengancam demokrasi kita yang sudah kita tata selama dua dekade terakhir.

Apalagi hoaks tujuh kontainer yang berisi surat suara yang sudah tercoblos ini tidak lagi hanya menyasar peserta pemilu, melainkan juga penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu,” ujar Lesmana dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Caleg Nomor Urut 5 Dapil III DKI Jakarta ini menilai bahwa kejadian tersebut jelas memiliki maksud untuk mendelegitimasi integritas penyelenggara pemilu. Jika terus dibiarkan, menurutnya, maka akan menjadi daya besar yang dapat merusak penyelenggaraan pemilu 2019 dan demokrasi di Indonesia.

Ia menilai, pihak yang dirugikan dari insiden ini ialah paslon nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin. Sebab, hal ini selalu dikaitkan dengan stigma pemerintah yang pro-asing, di mana kontainer surat suara tersebut berasal dari Tiongkok dikirim ke Indonesia.

“Kita tahu Tiongkok selalu diasosiasikan ke pemerintah Jokowi dan berita ini ingin membangun opini bahwa pasangan 01 berbuat curang dan pro Tiongkok, ini jelas sebuah kezaliman besar,” urainya.

Lesmana berharap berita hoaks ini dapat dikategorikan sebagai extra-ordinary crime karena dampaknya yang luas dan sangat berbahaya bagi keamanan dan kohesi sosial dalam konteks bermasyarakat dan bernegara.

“Ini harus diusut tuntas hingga ke akar-akarnya agar tidak mengganggu proses demokrasi yang saat ini sedang berjalan,” tutupnya. (jaa)

Berita Terkait

Politik / Komitmen Lestarikan Seni dan Budaya Daerah

Nasional / Banyak Pariwisata Indonesia Kelas Dunia yang Perlu Dikembangkan

Politik / Revitalisasi Pasar Rakyat Dinilai Bisa Tingkatkan Omzet Pedagang

Politik / Blusukan ke Tegal Alur, Caleg NasDem ini Kampanyekan Jokowi

Nasional / Karna Brata Lesmana Diharap Seperti Jokowi, Ini Alasannya


Baca Juga !.