Daerah

Buaya Kok Santai di Pantai, Ya Ditangkap

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Buaya Kok Santai di Pantai, Ya Ditangkap - Daerah

PREDATOR - Ilustrasi buaya di Pantai. FOTO : IST

INDOPOS.CO.ID - Warga Desa Merakbelantung, Kecamatan Kalianda, Kab Lampung Selatan, geger dengan keberadaan seekor buaya muara sepanjang dua meter. Buaya bongsor tersebut berdiam di Pantai Marina sekitar pukul 07.00.

Diduga buaya tersebut hendak mencari ikan di sekitar pantai Marina. Namun saat ditemukan warga, buaya muara tersebut dalam kondisi lemas. Agar tidak mengamuk saat dievakuasi, kaki dan mulut buaya diikat oleh warga sekitar. 

"Buayanya sudah dibawa oleh warga ke daratan," kata Kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan, Sefri Masdian. Rencananya buaya yang ditemukan warga setempat akan dibawa oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). "Melalui anggota Polsek Kalianda, sudah dikoordinasikan dengan BKSDA," ujarnya.

Lokasi penemuan buaya tersebut berada salah satu destinasi wisata Selat Sunda yang juga terdampak tsunami pada Sabtu (22/12/2019) malam. Hampir semua pantai yang berada di Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan terdampak tsunami, yaitu Pantai Tanjung Tuha, Pantai Minang Rua, dan Pantai Belebuk sepi wisatawan.

Begitupula dengan pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Rajabasa, yaitu Pantai Kahai, Pantai Kunjir, Pantai Way Muli, Pantai Wartawan de Mansion, Pantai Banding, Pantai Canti, dan Pantai Batu Kapal juga lumpuh. Pantai di sepanjang pesisir Kecamatan Kalianda juga sama, yaitu Pantai Maja, Pantai Kedu, Pantai Ketang, Pantai Laguna (Alau2), Pantai Bagus, Pantai Tanjung Beo, Pantai Sappenan, Hutan Mangrove Grand Elty, Pantai Kalianda Resort, Pantai Merak Belantung, Pantai Marina, dan Pantai Teluk Nipah terdampak tsunami pula.

Pulau Sebesi, Pulau Sekepel, dan Pulau Legundi juga terdampak tsunami itu, sehingga perlu waktu untuk pemulihannya sebagai objek wisata pantai andalan di daerah ini. Tercatat tiga hotel di Lampung Selatan mengalami kerusakan, yaitu Hotel Wartawan de Mansion mengalami kerusakan pada 15 kamarnya, Hotel Grand Elty Krakatoa restorannya tersapu air, dan Kahaii Beach Resort yang mengalami kerusakan pada fasilitas di tepi pantai.(ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / BKSDA Kandangkan Buaya Pemangsa Warga Aceh Jaya

Daerah / Warga Diminta Waspadai Kemunculan Buaya

Nasional / Korban Tsunami Tunggu Jokowi dari Pagi

Nusantara / Bocah 7 Tahun Tewas Dimangsa Hewan Buas

Jakarta Raya / Buaya 4,5 Meter Buat Geger Warga Cipayung

Nusantara / Wuih, Buaya Tiga Meter Kagetkan Warga Bontang


Baca Juga !.