Daerah

Longsor Sukabumi Tewaskan 31 Orang

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Longsor Sukabumi Tewaskan 31 Orang - Daerah

KERJA KERAS - Tim SAR terus mencari korban bencana longsor Sukabumi. Foto: Dok BNPB

INDOPOS.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata jumlah korban longsor yang menimbun Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Hingga Minggu (6/1/2019) 31 orang meninggal dunia, dua orang hilang.

Kepala Pusat Data  Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dari 100 orang terdampak longsor, tim SAR gabungan telah menemukan 64 orang selamat, dua orang hilang dan masih dalam pencarian, dan tiga orang luka.

"31 korban meninggal dunia semuanya sudah berhasil teridentifikasi oleh petugas medis," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (6/1/2019). Tim SAR gabung terus melakukan upaya pencarian korban longsor. Hasilnya kedua korban hilang berhasil ditemukan. Basarnas mengkoordinir tim SAR gabungan ini dibantu TNI, Polri, BPBD. 

"Relawan dan masyarakat terus melakukan pencarian korban sejak kejadian longsor pada 31 Desember 2018 sore. Kondisi cuaca yang cerah sangat mendukung operasional di lapangan," jelas Sutopo. 

BNPB menyampaikan daerah di kabupaten Sukabumi banyak yang rawan longsor. Kondisi topografi perbukitan dengan batuan penyusun yang porus, gembur dan lepas menyebabkan mudah longsor. "Banyaknya penduduk yang tinggal di daerah rawan longsor menyebabkan tingkat risiko longsor tinggi," tukas Sutopo. (dan)

 

Berita Terkait

Nusantara / Alat Berat Buka Akses Longsor Bakan Mongondow

Megapolitan / Rawan Bencana, Satu Kampung Dipindah

Megapolitan / Enam Kelurahan Rawan Longsor

Headline / Ikhlas Jasad Sang Kakak Tak Bisa Ditemukan

Headline / Ikhlas Jasad Sang Kakak Tak Bisa Ditemukan


Baca Juga !.