Headline

Periksa Anies Baswesan, Ini Pasal yang Didalami Bawaslu Bogor

Redaktur: Ali Rahman
Periksa Anies Baswesan, Ini Pasal yang Didalami Bawaslu Bogor - Headline

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika tiba di Kantor Bawaslu. Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Bawaslu Bogor mendalami telah selesai meminta klarifikasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantaran dugaan pose dua jarinya di acara Partai Gerindra, 17 Desember 2018.

Ketua Bawaslu Bogor Irvan Firmansyah menjelaskan, poin klarifikasi yang diminta terkait hal yang dilaporkan adanya dugaan Pasal 547 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal ini menyebut adanya tindakan yang menguntungkan atau merugikan pihak tertentu.

"Yang dilaporkan itu pengacungan simbol yang dianggap simbol," ujarnya di Kantor Bawaslu RI Thamrin Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Ia mengatakan, saat ini Bawaslu Bogor belum mempunyai keputusan apakah Anies memang melanggar atau tidak. Kata Irvan, keputusan nantinya ada dalam sentra penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu) dalam tahapan kedua.

Adapun proses klarifikasi ini merupakan pembahasan tahap pertama. "Pasca klarifikasi ini, kalau sudah kami rasa cukup, kami lakukan pembahasan kedua di Sentra Gakkumdu," katanya.

Irvan menegaskan bahwa bila masuk dalam pembahasan tahap kedua, pihaknya akam meminta klarifikasi dari pelapor dan para saksi.

Sebelumnya, Anies diperiksa Bawaslu Bogor selama satu jam. Ia mengaku dicecar 27 pertanyaan. Anies dilaporkan oleh Adi Prakoso dari Barisan Advokat Indonesia. Dalam pokok laporan, bekas Mendikbud itu diduga mengacungkan salam dua jari yang merupakan simbol paslon Prabowo - Sandiaga Uno. (jaa)

Berita Terkait

Megapolitan / Tim Tata Kelola Air akan Datangi KPK

Megapolitan / Gara-Gara Banjir, Anies dan Ahok Berbalas Pantun

Megapolitan / Kendalikan Banjir di Jakarta, Anies Beberkan Solusi Ini

Megapolitan / Berharap Kawasan TOD Memudahkan Angkutan Antarmoda

Megapolitan / Anies Janji Bakal Bangun Banyak Kolam Retensi

Megapolitan / Anies Jatuh Cinta dengan Vespa sejak Muda


Baca Juga !.