All Sport

Ban MotoGP Berbenah

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Ban MotoGP Berbenah - All Sport

BERBENAH - Ban MotoGP dari Michelin diklaim semakin membaik kualitasnya dari musim ke musim. Foto : NET

INDOPOS.CO.ID – Manajer Michelin Piero Taramasso yakin kualitas bannya di MotoGP 2019 akan semakin membaik dari tahun ke tahun. Pasalnya, mereka telah mengantongi seluruh data yang dapat berguna untuk mengembangkan kualitas ban Michelin.

“Ban memang kerap mendapat perhatian lebih dari para pembalap karena perannya yang krusial dalam mentas di lintasan. Michelin pun dituntut untuk bisa terus mengembangkan kualitas bannya dari musim ke musim,” ujar Piero dilansir Paddock GP, Senin (7/1/2019).

Demi menjawab tuntutan tersebut, lanjut Piero, Michelin pun bergerak cepat.  “Data terus dikumpulkan dari hari ke hari demi menciptakan ban dengan kualitas terbaik baik untuk para pembalap MotoGP. Dengan begitu, gelaran MotoGP pun bisa menjadi lebih baik lagi,” klaim dia.

Biasanya, lanjutnya, peran ban mendapat sorotan lebih dari para pembalap setelah mereka mentas di kondisi basah. Sebab, dalam kondisi ini, ban mendapat peran yang krusial. Jika tak bisa bekerja dengan baik di motor, bahaya besar pun siap dialami oleh para rider.

Situasi seperti itu dapat terlihat di seri terakhir MotoGP 2018 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Hujan yang terus mengguyur sirkuit membuat banyak pembalap berjatuhan hingga gelaran sempat dihentikan sementara.

“Michelin siap melakukan perubahan demi menjawab semua hal tersebut. Line-up ban untuk gelaran MotoGP 2019 pun akan segera diserahkan ke pihak penyelenggara. Pilihan ban sendiri akan ditentukan oleh tes pascamusim MotoGP 2018 dan pramusim 2019 yang digelar di Valencia, Spanyol, Jepang, dan Qatar,” katanya.

Selama liburan musim dingin, senyawa pada karet baru diproses berdasarkan data yang dikumpulkan selama musim sebelumnya, terutama untuk sirkuit baru seperti Thailand atau ketika kondisi cuaca ekstrem.

"Kami sekarang memiliki semua data sepanjang tahun. Itu akan memungkinkan kami untuk menyesuaikan seleksi pada musim berikutnya. Tahun lalu, kami pergi ke Valencia dengan ban komponen soft dan medium. Kali ini, lintasannya lebih dingin, tapi kami kembali dengan ban soft dan medium," ujarnya. (okc/net)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

All Sport / Finis di Belakang Marquez, Quartararo Naik Podium

All Sport / Rossi Catatkan Hasil Buruk di Sesi Latihan GP Spanyol

All Sport / Pedrosa Dijadikan Nama Tikungan di Sirkuit Jerez


Baca Juga !.