Hukum

Ini Alasan KPK Belum Menahan Bupati Jepara

Redaktur: Ali Rahman
Ini Alasan KPK Belum Menahan Bupati Jepara - Hukum

Tersangka kasus Praperadilan dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Foto: Akbar Budi Prasetia/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Sejak 6 Desember 2018, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi resmi menjadi tersangka. Namun sampai saat ini dirinya belum resmi ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Apa alasan KPK belum melakukan penahanan terhadap Bupati Jepara?, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penahanan terhadap Ahmad Marzuqi harus dilakukan sesuai dengan proses di tahap penyidikan dan melihat bukti yang lebih objektif

“Penahanan terhadap tersangka tersebut tentu saja dilakukan sesuai proses-proses di tahap penyidikan, untuk kasus tangkap tangan akan segera penahanan sedangkan untuk kasus lain itu tergantung kepada apakah terpenuhi alasan objektif dan alasan subjektif yang dimiliki penyidik sesuai dengan hukum acara yang berlaku,” kata Febri kepada wartawan di Gedung KPK, Selasa (8/1/2019).

Febri menambahkan KPK sampai saat ini masih mendalami para saksi yang terkait dengan kasus tersebut.

“Saat ini yang dilakukan adalah proses pemeriksaan, kami masih perlu melakukan pemeriksaan saksi-saksi, nanti perkembangan lebih lanjut akan disampaikan,” imbuhnya.

Selain itu, Febri menuturkan, KPK sebelumnya telah melakukan rekonstruksi untuk mempertajam barang bukti yang telah diperoleh KPK.

“Rekonstruksi kami lakukan sekitar pertengahan Desember seingat saya, itu memang untuk mempertajam beberapa bukti-bukti yang sudah kami dapatkan terutama untuk alur dan tahapan-tahapan dugaan pemberian uang,” ungkapnya. (bar)

Berita Terkait


Baca Juga !.