Hukum

Korupsi Proyek Meikarta, KPK Dalami Peran Ketua Pansus RDTR Bekasi

Redaktur: Ali Rahman
Korupsi Proyek Meikarta, KPK Dalami Peran Ketua Pansus RDTR Bekasi - Hukum

Foto: Ilustrasi DOK.INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Taih Minarno sebagai saksi terkait kasus suap perizinan proyek Meikarta.

“Hari ini diperiksa Saksi Taih Minarno dalam kapasitas sebagai Ketua Pansus Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi,” kata Jur Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, di Gedung KPK, Selasa (8/1/2019).

Mantan aktivis Indonesian Corruption Watch (ICW) itu juga mengungkapkan terkait pemeriksaan yang dilakukan kepada Taih Minarno, KPK mendalami pengetahuan saksi terkait pembahasan RDTR.

“Kami dalami bagaimana proses pembahasan RDTR tersebut, siapa yang berkepentingan untuk mengubah tata ruang dan juga dugaan aliran dana pada sejumlah Anggota DPRD Bekasi,” ujarnya.

Selain itu dalam kasus ini, KPK juga mendapatkan informasi adanya dugaan pembiayaan wisata ke luar negeri untuk sejumlah Anggota DPRD Bekasi dan keluarga.

Febri juga menuturkan, KPK telah menerima pengembalian uang dari Anggota DPRD Bekasi yang jumlahnya sekitar Rp 100 juta.

“Selama proses pemeriksaan sebelumnya, KPK juga telah menerima pengembalian uang dari beberapa Anggota DPRD Bekasi tersebut. Sejauh ini berjumlah sekitar Rp 100 juta. Kami ingatkan, sikap koperatif ini jauh lebih baik bagi proses hukum,” imbuhnya.

“Karena itu, para saksi semestinya bicara terus terang saja dan jika pernah menerima sesuatu baik uang atau fasilitas agar segera mengembalikan pada KPK,” sambungnya. (bar)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Serapan Anggaran Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Minim

Megapolitan / Sejak Dua Bulan Lalu, Tiga Desa di Kabupaten Bekasi Kekeringan

Megapolitan / Minat Warga Kota Bekasi Masuk Sekolah Negeri Tinggi

Megapolitan / Orang Tua Rela Datang Pukul 04.00 WIB demi Nomor Antrean PPDB

Megapolitan / Kesempatan Kerja Warga Lokal Sedikit

Megapolitan / Sekolah Ambruk Baru Diperbaiki Tahun Depan


Baca Juga !.