Headline

KPU Prioritaskan Hitung Hasil Pilpres daripada Pileg

Redaktur: Ali Rahman
KPU Prioritaskan Hitung Hasil Pilpres daripada Pileg - Headline

Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II, KPU, Bawaslu, DKPP dan Kemendagri dalam mempersiapkan Pemilu 2019. Foto: Charlie Lopulua/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ketua KPU RI Arief Budiman menyatakan, pihaknya bakal mendahulukan penghitungan hasil pemilihan presiden daripada hasil pemilihan legislatif.

Ia menjelaskan aturan ini akan dituliskan dalam Peraturan KPU (PKPU) tentang penghitungan suara. Namun saat ini PKPU masih dalam pembahasan dengan Komisi II DPR RI.

"Di dalam draft (PKPU) kita sudah susun. Nanti kita hitung hasil pilpres dahulu, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten atau kota," ujar Arief usai RDP dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Arief mengatakan penghitungan suara dalam pilpres dinilai lebih mudah karena hanya menyangkut dua pasang calon presiden dan wakil presiden saja. Berbeda dengan penghitungan suara untuk DPR yang lebih rumit.

Selain itu, dalam RDP hari ini, KPU juga diingatkan untuk memperhatikan alokasi penghitungan waktunya serta memastikan semua warga bisa terlayani dengan baik.

Lalu KPU juga diingatkan agar hati-hati dalam proses menyiapkan logistik seperti surat suara dan kotak suara. "Kami diingatkan agar produksi, distribusi, memastikan kualitas dan jumlahnya, kemudian pengirimannya tepat waktu," tuntas Arief. (jaa)

Berita Terkait


Baca Juga !.