Nasional

BNPB Bakal Buka Politeknik ‘Spesialis’ Bencana

Redaktur: Redjo Prahananda
BNPB Bakal Buka Politeknik ‘Spesialis’ Bencana - Nasional

Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei dalam serah terima jabatan kepala BNPB kepada Letnan Jendral Doni Monardo, di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta, Rabu (8/1/2019). Foto: Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei menyampaikan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal membuka Politeknik Penanggulangan Bencana untuk tahun ajaran 2019/2020 .

Terobosan BNPB membuka lembaga pendidikan ini untuk menciptakan SDM-SDM dengan keahlian memahami mitigasi bencana. BNPB berharap, lulusan politeknik ini mampu mengurangi risiko korban jiwa

“Dalam mengurangi risiko bencana, faktor terpenting adalah kualitas sumber daya manusia. BNPB sejak 2017 sudah menyiapkan Politeknik Penanggulangan Bencana. Semoga politeknik ini mulai beroperasi 2019 ini,” ucap mantan kepala BNPB, di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (9/1/2019).

BNPB sudah bekerja sama dengan Kemrisetdikti dan Kemenpan guna mengantisipasi penanganan bencana ke depan. Politeknik Penanggulangan Bencana itu sendiri bakal berlokaso di Pusdiklat BNPB di Sentul.

“Kami sudah siapkan. Kami bakal mulai tahun ajaran tahun 2019/2020. Petugas-petugas BNPB, BPBD itu multidisiplin ilmu dengan latar belakang pendidikan berbeda-beda,” papar dia.

Politeknik ini berbentuk lembaga pendidikan formal sama seperti STPDN.” Lulusan mendapatkan ijazah D4. Politeknik ilmu terapan. Begitu lulus, lulusan dari Politeknik Penanggulangan Bencana ini siap pakai, siap guna,” kata dia. (zbs)

Berita Terkait


Baca Juga !.