All Sport

Musim 2019 Perubahan Aturan Bikin Tegang

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Musim 2019 Perubahan Aturan Bikin Tegang - All Sport

Mobil dan pembalap Formula Satu difoto di atas panggung peragaan busana koleksi Fall, Winter 2018/2019. Foto : Miguel MEDINA/AFP

INDOPOS.CO.ID - Boss F1, Ross Brawn memprediksi perubahan peraturan Formula One (F1) Grand Prix musim 2019 akan meningkatkan kejuaraan balap sebesar 20 persen. Saat ini seluruh tim F1 sedang bersiap untuk merilis tanggal peluncuran mobil baru mereka yang dibalut dengan peraturan aerodinamis dan berfokus pada sayap serta saluran rem depan yang lebih sederhana.

Tidak hanya itu, kabarnya sayap bagian belakang pada mobil juga bakal terlihat lebih lebar dari sebelumnya. Aturan di musim 2019 ini sebenarnya memiliki tujuan secara khusus untuk mendorong balapan di tahun berikutnya menjadi seru, lebih menegangkan, dan semakin sengit.

Karena secara teoritis, perubahan dapat memberi dampak lebih besar kepada pebalap untuk menyalip. Ini menyusul adanya keluhan tentang gangguan aliran udara yang berakibat pada kinerja pengemudi dalam mengejar lawan.

Ross menjelaskan, perubahan aturan di tahun 2019 akan memberi keuntungan utama dan juga bertindak sebagai batu loncatan menuju perombakan peraturan yang diperkirakan akan tiba pada tahun 2021.

“Sampai mobil berjalan, kami tidak tahu solusi apa yang telah mereka buat, tetapi prediksi kami hal tersebut akan memberi dampak peningkatan sekitar 20 persen. Jadi di 2019 nanti perubahan itu akan membawa kita ke posisi seperempat dari perjalanan yang benar-benar diinginkan,” terang  Ross.

Namun bukan berarti saat semuanya sudah berjalan dengan sempurna, Anda tidak akan menyentuh bagian itu lagi. Sepanjang 2018, F1 telah melakukan penelitian dalam kemitraan dengan tim untuk mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang apa yang dapat membantu dan mencederai aero.

“Hal itu bertujuan untuk mengimplementasikan temuan penuh di 2021,” ujar Ross, pria kelahiran Inggris 64 tahun.

Meski sudah mendapat izin untuk memulai pengembangan awal pada mobil masa depan, tim F1 diharapkan dapat terus berkomunikasi kepada semua bagian yang membuat peraturan ini, dan juga tim lainnya. Ross pun yakin dengan adanya proses tersebut dapat membuat segalanya menjadi sempurna di tahun yang akan datang.

“Apa yang kita pelajari dari program aero ini akan sangat penting untuk langkah selanjutnya yang lebih besar, pada tahun 2021. Yang ditekankan pada perubahan ini adalah filosofi dan budaya, bukan hanya solusi satu atap,” paparnya.

Apabila nanti ternyata perubahan itu tidak mencapai apa yang diharapkan, paling tidak kita semua bisa belajar dari kegagalan, dan membuat transisi ke fase berikutnya secara terus menerus hingga menemukan mobil yang sempurna.(spo/net)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.