All Sport

Kecelakaan Schumi Bisa Dihindari

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Kecelakaan Schumi Bisa Dihindari - All Sport

Michael Schumacher. Foto : JOSE LUIS ROCA/AFP

INDOPOS.CO.ID - Peristiwa kecelakaan ski yang menimpa pembala formula one (F1) Michael Schumacher seharusnya dapat dihindarkan jika tim medis melarang legenda F1 tersebut untuk melakukan hobi berbahaya setelah tabrakan-tabrakan selama karir balapnya.

Seorang spesialis asal Jerman, dr Cristoph Goetz mengatakan, para praktisi biasanya secara rutin memperingatkan pasien yang memiliki cedera kepala atau otak untuk menghindari olahraga berbahaya karena mereka memiliki risiko kecelakaan lebih besar.

Schumi, kata Cristoph, seharusnya diberi peringatan untuk menghindari olahraga musim dingin setelah sebelumnya mengalami cedera kepala di trek, lapor The Express. Direktur bedah saraf tersebut mengatakan, sangat mungkin bagi pasien dengan cedera tulang belakang disarankan untuk menghindarai olahraga yang cenderung berbahaya karena resiko kecelakaan.

Schumacher pernah menabrakkan mobil balap Jordannya dengan pembatas jalur di tahun pertamanya di F1 pada 1991 yang mengakibatkan patah tulang serviks. Ia juga pernah tabrakan di Murcia saat melakukan balap motor yang menyebabkan cedera leher dan tulang belakang yang juga mengakibatkan kerusakan pada bagian kiri otaknya.

Tim medis menghentikannya untuk lanjut bersama Ferrari, meskipun dia kemudian kembali dengan Marcedes. Belum jelas apakah ia disarankan untuk tidak ikut pada bagian yang berbahaya ataukah ia hanya mengabaikan saran dokternya.

Minggu kemarin, istri Schumacher memberikan pernyataan sebelum ulang tahunnya yang ke 50 untuk mengatakan pada fans bahwa dia melakukan ‘apapun yang mungkin dilakukan’ untuk membantu suaminya.

Corrina mengatakan, “kami pastikan bahwa ia berada di tangan yang tepat dan bahwa kami melakukan apapun yang mungkin dilakukan untuk membantunya, harap mengerti jika kami mengikuti keinginan Michael untuk menjaga isu sensitif seperti kesehatan sebagai privasi,” imbuh Corrina.

Pada saat yang sama, lanjut Corrina, mereka sangat berterima kasih atas persahabatan kalian dan semoga kalian tetap sehat dan bahagia di tahun 2019. Keluarganya menyatakan, “Kami sangat senang dapat merayakan ulang tahun Michael yang ke 50 tahun besok dan kami sangat berterima kasih dari lubuk hati kami yang paling dalam bahwa kita dapat melakukan hal ini bersama,” ujarnya.

Michael sangat bangga dengan apa yang telah di capainya, begitu pula dengan kami. Karenanya kami mengingat kesuksesannya meluncurkan pameran koleksi pribadi minyak wangi Michael Schumacher dengan menerbitkannya di media sosial dan melanjutkan kegiatan amal melalui lembaga Keep Fighting. Kami ingin mengingat dan merayakan kemenangannya, catatan-catatannya,  dan sorakannya.”

Legenda F1 tersebut terbaring koma setelah kepalanya menabrak batu saat ber-ski dengan anaknya Mick. Meskipun menggunakan helm, bintang jerman itu jatuh koma selama enam tahun. Dia menderita penggumpalan darah di otaknya. Dokter mengatakan ia pasti sudah mati jika tidak menggunakan pelindung kepala.

Dia memprediksi, kondisi Schumi sekarang berkaitan dengan sejumlah cedera serius sang pembalap di lintasan balap. Schumi memiliki riwayat cedera serius sehingga membuat dia koma lebih dari 5 tahun.

Dia menjelaskan, para praktisi secara rutin memperingatkan pasien dengan  cedera kepala atau otak untuk menghindari olahraga berbahaya karena mereka memiliki risiko kecelakaan lebih besar.

Juara dunia F1 tujuh kali ini masuk dalam kategori pasien dalam ‘daftar merah’ “Sangat  mungkin bagi pasien dengan cedera tulang belakang  menghindarai olahraga cenderung berbahaya karena resiko kecelakaan”.(rej)

Berita Terkait


Baca Juga !.