Internasional

Pertumbuhan Ekonomi Dunia Melambat

Redaktur: Achmad Sukarno
Pertumbuhan Ekonomi Dunia Melambat - Internasional

BERBINCANG - Perdana Menteri Slovenia Marjan Sarec (kanan) dan CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva (kiri) berbicara sebelum dimulainya pertemuan forum Uni Eropa-Afrika di Wina belum lama ini . Foto : Afp

INDOPOS.CO.ID - Pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan melambat menjadi 2,9 persen pada 2019 dibandingkan 3 persen pada 2018, kata Bank Dunia, Selasa, dengan mengutip tingginya ketegangan perdagangan dan laju sedang perdagangan internasional.

"Pada awal 2018 ekonomi dunia menguat, namun kehilangan lajunya saat tahun berjalan dan bisa lebih sulit pada tahun depan," kata CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva dalam laporan semitahunan Prospek Ekonomi Dunia, di Wina, Rabu (9/1/2019).

Pandangan Bank Dunia tersebut diungkapkan saat Amerika Serikat (AS) dan China terlibat perselisihan perdagangan yang mengguncang pasar keuangan dunia selama beberapa bulan.

Kedua raksasa ekonomi dunia tersebut saling menerapkan sanksi atas produk masing-masing, meskipun telah ada tanda kemajuan pada Selasa saat kedua negara bersiap memasuki hari ketiga pembicaraan di Beijing.

Pertumbuhan di AS kemungkinan melambat menjadi 2,5 persen tahun ini dibandingkan 2,9 persen pada 2018, sementara China diperkirakan tumbuh pada titik 6,2 persen dibandingkan 6,5 persen pada 2018, menurut laporan Bank Dunia.

Pasar ekonomi berkembang diperkirakan tumbuh di 4,2 persen tahun ini, dengan ekonomi maju diperkirakan tumbuh 2 persen, kata Bank Dunia dalam laporannya. (ant/ash)

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Hukuman Mati Bagi LGBT Tak Berlaku

Internasional / Kaisar Akihito Lepas Takhta

Internasional / Halangi Pejabat Fatah Tinggalkan Jalur Gaza

Internasional / Pertimbangkan Usulan Pakta Nuklir AS

Internasional / Tambang Batu Bara Meledak, Lima Orang Tewas

Internasional / AS Hentikan Bantuan Militer ke Kamerun


Baca Juga !.