Headline

Kementan Tanam Sejuta Kopi di DAS Citarum

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Kementan Tanam Sejuta Kopi di DAS Citarum - Headline

SEPAK TERJANG- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat menanam benih kopi di Citarum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto: Akbar Budi Prasetia/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Ada saja gebrakan dari Kementerian Pertanian (Kementan). Kali ini Kementan melaksanakan konservasi atau pelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Salah satunya dengan memberikan bantuan benih kopi kepada petani setempat.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, sejauh ini bantuan yang diberikan jumlahnya mencapai satu juta benih kopi dan 475 ton pupuk organik. Selain itu, pihaknya juga memberikan 320.000 bantuan benih pala berikut 30 ton pupuk organiknya untuk mendukung kelestarian sungai citarum.

"Serangkaian kegiatan ini merupakan amanat peraturan preaiden nomor 15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai," kata Amran di Bandung, Kamis (10/1/2019).

Menurut Amran, perkebunan kopi merupakan salah satu komoditas konservasi yang bisa berfungsi mencengkram tanah dengan kuat, sehingga tidak mudah mengalami longsor. "Selain itu buah kopi adalah produk yang dapat diandalkan untuk membangun penghidupan bagi petani, sehingga nantinya petani tidak perlu menebang pohan karena sudah memiliki penghasilan dari buahnya," katanya. (bar)

Berita Terkait

Nasional / Kementan Dapat Dukungan Berantas Mafia Pangan

Nasional / Targetkan 4 Ribu Kelompok Tani Santri Milineal

Nasional / Mentan Optimalisasi 45 Ribu Rawa Lebak di Wajo

Nasional / Petani Milenial Bangga Kembangkan Sayuran Organik


Baca Juga !.