Jakarta Raya

JPO Dewi Sartika Bakal Dibongkar

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
JPO Dewi Sartika Bakal Dibongkar - Jakarta Raya

TAK LAYAK - JPO di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, mengalami kerusakan. Foto : JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kemungkinan dibongkarnya jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jatinegara, Jakarta Timur, terbuka. Petugas Dinas Bina Marga DKI Jakarta telah berkirim surat ke pengembang, Kamis (10/1/2019). Kondisi JPO ini memang mengkhawatirkan. Selain salah satu aksesnya berada di tengah jalan, sejumlah besinya juga rusak. 

Saat dikonfirmasi INDOPOS, Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menegaskan bahwa yang jelas tak mungkin mempertahankan ada tiang di tengah jalan. "Kemungkinan bisa dibongkar," ujar Kadis Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, Kamis (10/1/2019). 

Hal itu sudah dibahas dalam rapat kemarin. Langkah yang dilakukan, sambung kadis Bina Marga DKI yang baru itu, jajaran Dinas Bina Marga DKI membuat surat ke pihak pengembang untuk komitmen menyelesaikan dampak akibat pembangunan atau izin pembangunan apartemen.

Kemudian Dishub DKI Jakarta melakukan kajian efektivitas JPO. Apakah masih dipertahankan atau cukup dengan zebra atau pelican crossing."Camat, Lurah meneliti status lahan pada kaki atau tangga JPO di sisi Timur (seberang apartemen)," ujarnya.

Sebelumnya, desakan membongkar JPO di Jalan Dewi Sartika, menyeruak. Ini karena selain membahayakan pengguna, kondisinya dinilai tidak sesuai dengan estetika kota.“Harusnya segera dibongkar JPO Dewi Sartika,” ujar Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS) Syaiful Jihad, Rabu (9/1/2019).

Syaiful menilai, tidak ada alasan bagi Dinas Bina Marga untuk tidak membongkar JPO tersebut. Jika memang masih dalam tanggung jawab pengembang, semestinya ada solusi. “Sekarang pengembangnya kan diam, lalu dinas tidak seharusnya ikut diam. Mereka harus bertindak dong,” desaknya.

Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Imam Adi Nugraha mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan JPO. Termasuk JPO Dewi Sartika juga akan dilakukan tindakan. “Semua JPO yang rusak atau kondisinya tidak layak akan kami lakukan penindakan,” ucapnya.

Memang saat ini, JPO di Jalan Dewi Sartika, Cawang Kompor, Jatinegara, Jakarta Timur, yang salah satu bagiannya ada di tengah jalan, telah diberi MCB dan dibutkan zebra cross. Ini berbeda beberapa waktu lalu. Namun demikian, kondisi JPO tersebut sudah keropos pada bagian besi-besinya.(ibl)

Berita Terkait


Baca Juga !.