Headline

Kasus Hoaks Surat Suara Tercoblos, Polisi Tetapkan Satu Tersangka Baru

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Kasus Hoaks Surat Suara Tercoblos, Polisi Tetapkan Satu Tersangka Baru - Headline

ADA LAGI - Jumpa pers pengungkapan kasus hoaks 70 juta surat suara tercoblos. Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Polda Metro Jaya menetapkan satu tersangka baru dalam kasus hoaks 70 juta surat suara tercoblos. Tersangka dengan inisial MIK (38). Pelaku ditangkap di Cilegon, Banten.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono mengungkapkan, penangkapan ini bermula dari patroli Tim Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro atas maraknya berita hoaks 70 juta surat suara tercoblos di Tanjung Priuk.

"Pada tanggal 6 Januari pukul 22.30 WIB tim menangkap pelaku dan dibawa ke Polda Metro Jaya," ungkap Argo dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (11/1/2019). Dalam kasus ini, MIK berperan memposting kalimat hoaks dalam akun twitter pribadinya @chiecilihie80. Argo mensinyalir, MIK memposting narasi haoksnya pada tanggal 2 Januari 2019 pukul 24.04 WIB.

Adapun barang bukti yang disita polisi berupa satu unit handpone pelaku, satu buah sim card, satu akun @chiecilihie80, tiga lembar print out profil akun MIK,  serta satu akun facebook MIK.

Tersangka dikenakan Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU 19/2016 tentang perubahan atas UU 11/2008 tentang informasi elektronik, dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar. Dalam kasus hoaks 70 juta surat suara tercoblos ini polisi total telah menangkap 5 tersangka. Empat tersangka ditindak oleh Mabes Polri dan satu tersangka baru ditindak Polda Metro Jaya.(jaa)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.