Ekonomi

Praktikkan Indonesia Service Hub

Redaktur: Jakfar Shodik
Praktikkan Indonesia Service Hub - Ekonomi

RAWAT - Pesawat Garuda tengah menjalani perawatan di hanggar GMF Soeta belum lama ini. Foto : Toni Suhartono/Indopos

INDOPOS.CO.ID - PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMFI) mulai menjalankan Indonesia Service Hub. Itu dilakukan untuk mengoptimalkan potensi perusahaan perawatan pesawat dalam negeri.

Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto menjelaskan pihaknya telah memulai kerja sama dengan sejumlah perusahaan MRO, seperti PT Merpati Maintenance Facility, dan PT IAS. ”Indonesia service hub adalah kolaborasi anak-anak BUMN bergerak di bidang aviasi atau perawatan pesawat bagaimana supaya kandungan lokal, kapabilitas dalam negeri meningkat,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, tujuan akhirnya penghematan devisa. Tujuan besarnya penghematan devisa, lebih besar lagi menghasilkan devisa karena sudah mampu menciptakan harga yang kompetitif.

Peningkatan kapasitas dan kapabilitas dimaksud yaitu masing-masing perusahaan memiliki spesifikasi tugas. Sehingga tidak semua jenis pekerjaan perawatan dilakukan satu perusahaan. Misalnya, perawatan mesin propeller dikerjakan NTB, mesin turbin gas industri dikerjakan IAS, MMF khusus untuk pesawat kecil. ”Kita bagi-bagi tugas, sehingga bisa terutilisasi dnegan baik,” ujarnya.

Dia menegaskan kerja sama operasi Indonesia Service Hub tidak akan dijadikan holding. ”Tidak kita tidak akan buat holding, jadi entitas ini dibiarkan saja, kita yang ditunjuk sebagai koordinator buat kerja sama, siapa-siapa yang mengerjakan,” tegasnya.

Dengan begitu, akan menciptakan efisiensi dan secara nilai sudah bisa mencukupi kebutuhan perawatan pesawat dalam negeri sebanyak 75 persen. Dari segi sumber daya manusia (SDM), Iwan mengatakan pihaknya juga sudah mencapai 50 persen lokal. ”Indonesia ini kaya akan sumber daya orang, yang kita ambil pangsa perawatan yang 'labour intensif'-nya besar dan frekuensi tinggi, itu yang kita tingkatkan efek dominonya bisa menciptakan lapangan kerja baru,” ucapnya. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.