Daerah

Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Rancaekek Bandung

Redaktur: Ali Rahman
Ratusan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Rancaekek Bandung - Daerah

Kondisi rumah rusak akibat diterjang puting beliung yang melanda Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/1/2019) pukul 15.15 WIB. Foto: BNPB untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan telah terjadi bencana puting beliung yang melanda Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/1/2019) pukul 15.15 WIB. Akibatnya rumah penduduk rusak dan pohon tumbang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, daerah yang mengalami kerusakan antara lain Perum Rancaekek Kencana Blok 16 RW 16. RW 08 Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek, dan beberapa perumahan lain.

"15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan dan lebih dari 300 rumah rusak yang belum dikelompokkan tingkat kerusakannya," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Menurutnya jumlah kerusakan rumah dan bangunan bertambah karena pendataan masih berlangsung. "Atap rumah banyak yang diterbangkan oleh puting beliung," jelasnya.

Data sementara yang berhasil dihimpun BPBD Kabupaten Bandung dampak puting beliung tercatat 1 orang luka berat, 15 orang luka ringan.

Hingga saat ini BPBD Kabupaten Bandung saat ini masih melakukan pendataan. Pemasangan tenda pengungsi oleh TNI dan Brimob Polda Jabar didirikan untuk menampung sebagian masyarakat yang mengungsi. Tagana, BPBD dan relawab membantu pengungsi. Kondisi listrik masih padam. (dan)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Sinabung Erupsi, Waspadai Bahaya Lahar

Headline / Kenali Ancaman Bencana agar Selamat

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Daerah / Imbau Warga Waspada Banjir Susulan

Nusantara / Situasi Masyarakat Sudah Kondusif Pascagempa Banggai


Baca Juga !.