Daerah

Sebelum Puting Beliung di Rancaekek Bandung Cuaca Terasa Gerah

Redaktur: Ali Rahman
Sebelum Puting Beliung di Rancaekek Bandung Cuaca Terasa Gerah - Daerah

Kondisi rumah warga akibat bencana puting beliung yang melanda Rancaekek Bandung, Jumat (11/1/2019). Foto: Dok BNPB untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo menuturkan, sebelum terjadinya bencana puting beliung di Rancaekek, Bandung, Jumat (11/1/2019), cuaca pagi hari cerah. Kemudian, lanjut dia, siang banyak awan terbentuk dan terdapat awan cumulonimbus yang menutup daerah tersebut.

"Langit terlihat mendung dan cuaca gerah atau sumug. Menjelang sore kemudian bertiup angin yang makin lama makin kencang disertai hujan berintensitas sedang hingga tinggi. Puting beliung terlihat di langit sesaat," tutur Sutopo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Namun sering sekali angin kencang atau puting beliung tadi tidak ada tanda secara fisik dan tidak bisa diprediksi. "Kenapa tidak bisa diprediksi karena radius itu kecil kurang dari lima kilometer. sehingga dari satelit tidak akan terlihat dan kejadiannya hanya sesaat yaitu lima hingga 10 menit sangat cepat sekali," jelasnya.

Akibat bencana itu BPBD Kabupaten Bandung mencatat dampak puting beliung tercatat 1 orang luka berat, 15 orang luka ringan. "15 rumah rusak berat, 71 rumah rusak ringan dan lebih dari 300 rumah rusak yang belum dikelompokkan tingkat kerusakannya," ungkap Sutopo.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda pengungsi sementara, terpal, alat penerangan, bahan makanan dan air bersih

Hingga saat ini BPBD Kabupaten Bandung saat ini masih melakukan pendataan. Pemasangan tenda pengungsi oleh TNI dan Brimob Polda Jabar didirikan untuk menampung sebagian masyarakat yang mengungsi. Tagana, BPBD dan relawab membantu pengungsi. Kondisi listrik masih padam.(arh)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Sinabung Erupsi, Waspadai Bahaya Lahar

Daerah / Sinabung Erupsi, Waspadai Bahaya Lahar

Headline / Kenali Ancaman Bencana agar Selamat

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana


Baca Juga !.