Nasional

Dirjen PAS Pastikan Sediakan TPS di Seluruh Lapas dan Rutan

Redaktur: Redjo Prahananda
Dirjen PAS Pastikan Sediakan TPS di Seluruh Lapas dan Rutan - Nasional

Dirjen Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami. Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Dirjen Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami memastikan seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) akan disediakan tempat pemungutan suara (TPS) untuk memfasilitasi terpenuhinya hak pilih tahanan dan narapidana.

Pernyataan Utami ini menindaklanjuti berita tentang tidak tersedianya TPS di lapas dan rutan. Ia pun berkoordinasi langsung dengan Komisioner KPU, Varyan Azis yang pada hari yang sama menyelenggarakan simulasi perekaman KTP-el di Lapas Batam.

"Kami terus berkoordinasi untuk menjamin terselenggaranya hak pilih narapidana dan tahanan, termasuk tersedinya TPS khusus di seluruh lapas dan rutan," kata Utami dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/1/2019).

Sedangkan lapas atau rutan dengan jumlah pemilih yang sedikit akan bergabung dengan TPS terdekat di luar lapas rutan. Saat ini terdapat 522 Lapas dan Rutan di Indonesia, dengan total penghuni lebih dri 254 ribu orang.

"Intinya kami akan memfasilitasi maksimal agar tahanan dan narapidana yang telah memenuhi syarat, tersalurkan suaranya pada Pemilu tahun ini," pungkas Utami. (jaa)

Berita Terkait

Headline / 30 Narapidana Terima Remisi Khusus Tahun Baru Imlek 2019


Baca Juga !.