Politik

Jokowi : Memimpin Butuh Pengalaman Jangan Coba-Coba, Sindir Prabowo?

Redaktur: Redjo Prahananda
Jokowi : Memimpin Butuh Pengalaman Jangan Coba-Coba, Sindir Prabowo? - Politik

Presiden Joko Widodo. Foto : Dok. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo menegaskan pentingnya pengalaman dalam memimpin sebuah negara. Hal ini ia sampaikan dalam acara deklarasi Alumni Universitas Indonesia (UI), Sabtu (12/1/2019).

Jokowi menceritakan, awalnya ia merasa kaget dengan dunia pemerintahan ketika menjabat sebagai wali kota Solo. Ia mengaku membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 tahun untuk bisa mempunyai pengalaman.

"Saya masuk dari bisnis ke pemerintahan. Apa yang saya alami? saya terkaget kaget, saya harus banyak belajar. Di awal saya pusing karena belum memiliki pengalaman di pemerintahan," ujarnya di Plaza Tenggara Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

"Itu yang saya sampaikan, diperlukan pengalaman dalam memerintah, apalagi sebuah negara besar seperti Indonesia ini, jangan coba-coba donk," imbuh suami Iriana itu.

Jokowi menguraikan, setelah belajar dengan keras, akhirnya ia mengklaim bisa memahami manajemen pemerintahan dan birokrasinya. Katanya, manajemen bisnis dan manajemen pemerintahan sangat berbeda.

"Alhamdulilah saya diberi pengalaman itu, masuk ke periode pertama lalu meningkat periode kedua. Periode kedua saat itu, ini juga cerita, saya tanpa kampanye tanpa keluar uang, saya bisa masuk lagi ke periode kedua dan dapat 91 persen suara Periode pertama hanya 37 persen, menangnya tipis tapi menang," paparnya.

Setelah itu, Jokowi menceritakan pengalamannya mengikuti pilgub DKI Jakarta 2012 hingga Pilpres 2014. Menurutnya, pada saat tersebut dirinya telah paham ritme kinerja pemerintahan lantaran telah belajar banyak di Solo.

"Itulah yang dinamakan begitu pentingnya pengalaman dalam pemerintahan. Di kota saja saya memerlukan waktu 1,5 sampai 2 tahun, apalagi belum punya pengalaman, langsung mengelola negara. Butuh waktu berapa tahu, itu pertanyaan saya?," pungkasnya. (jaa)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Jokowi Sambut Putra Mahkota Abu Dhabi

Lifestyle / Jokowi Bagi Resep Bugar dengan Jamu


Baca Juga !.