Hoax, Minum Es dan Makan Bakso Bisa Kanker

INDOPOS.CO.ID – Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD KGEH MMB mengatakan jika makan bakso lalu minum es bisa menyebabkan kanker usus itu adalah hoax.

“Makan bakso minum air es memicu kanker di usus, itu hoaks,” tegas Ari kepada wartawan, Jakarta, Minggu (13/1/2019). Banyaknya informasi seputar kesehatan di masyarakat yang keliru dan menakutkan. Salah satunya di media sosial menyebutkan usai makan bakso lalu minum air es bisa memicu penyakit kanker di usus.

Bahkan hingga saat ini, dunia medis belum bisa memastikan penyebab pasti munculnya sel kanker di tubuh seseorang. Masyarakat hanya bisa menghindari beberapa faktor risikonya. Dan kanker usus umumnya lebih rentan dipicu oleh gaya hidup.

Gaya hidup menjadi salah satu penyebab kenapa kanker usus besar tetap bertahan sebagai penyebab utama kematian dan angka kejadian terus meningkat di tengah masyarakat. Akhirnya kenali faktor risiko, kontrol ke dokter jika mempunyai faktor risiko, kenali gejalanya dan segera berobat ke dokter. Selalu menjaga agar tetap melakukan gaya hidup sehat.

Baca Juga :

“Memang, salah satu faktor risiko kanker usus adalah tingginya konsumsi daging merah. Namun jika makan bakso usai minum air es bisa memicu kanker, hal itu tidak benar adanya,” terangnya.

Beberapa faktor risiko yang telah teridentifikasi dan konsisten dalam berbagai penelitian termasuk penelitian di Indonesia adalah diet tinggi daging merah serta daging olahan serta kurang makan sayur dan buah. Anjuran untuk mengontrol berat badan dengan konsumsi daging merah yang berlebihan dan tidak konsumsi buah karena mengandung karbohidrat merupakan anjuran yang menyesatkan.

“Secara sederhana komponen dari daging merah dibanding daging putih proses pencernaannya lebih sulit. Kandungan asam amino, komposisi serat, gajih dan lemak daging merah lebih kompleks dibanding daging putih. Ikan dan ayam lebih gampang dicerna,” jelasnya. (zbs)

Komentar telah ditutup.