Megapolitan

Enam Kelurahan Rawan Longsor

Redaktur: Syaripudin
Enam Kelurahan Rawan Longsor - Megapolitan

AMBLAS-Rumah warga di Teluk Puyung, Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi yang longsor. Foto: Deny Iskandar/INDOPOS 

INDOPOS.CO.ID - Enam kelurahan di Kota Bekasi rawan longsor. Titik lokasi rawan longsor itu berada ada di bantaran Kali Bekasi. Rata-rata, ancaman longsor terjadi tanggul yang ada tak kuat menahan derasnya air sungai yang membelah kota tersebut.

"Posisi enam titik itu ada sebelah kanan Kali Bekasi yang mengarah ke hulu. Lokasinya memang cekungan,” terang Wakil Ketua Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, Karsono, Minggu (13/1/2019).

Karsono menambahkan, sheet pile yang terdapat di sepanjang Kali Bekasi memang tidak kuat menahan laju air saat bendungan di buka. Akibatnya, tanah yang ada di pinggiran sungai itu perlahan-lahan terkikis dengan kecepatan air yang menuju bagian utara.

”Air dari hulu sangat deras dengan ketinggian 300 tinggi muka air, sehingga dorongannya cepat sampai ke hilir," paparnya. Karsono menambahkan, enam wilayah itu ada di Kelurahan Bojong Rawalumbu, Teluk Pucung, Bojong Menteng, Sepanjang Jaya, Margamulya, dan Kelurahan Margahayu.

 Menurut dia juga, titik longsor yang paling sering terjadi di Kelurahan Teluk Pucung. Apalagi, kata Karsono juga, tidak semua wilayah di bantaran Kali Bekasi memang memiliki tanggul secara permanen. Jadi, tindakan yang paling memungkinkan hanya melakukan pemberitahuan dini ketika ada potensi amblas. ”Kami beritahukan kepada pihak terkait untuk diambil penanganan," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Margamulya Yudhistira mengatakan belum lama ini ada sekitar empat rumah yang nyaris ambruk akibat tanah di pinggir Kali Bekasi tergerus air. Lantaran di tepi sungai itu tidak ada tanggul. ”Kejadiannya karena air Kali Bekasi sangat deras, kontur tanah di pemukiman warga terkikis," ujarnya.

Apalagi, kata Yudhistira juga, kontur tanah di lokasi tersebut labil dan selalu mengalami pergerakan. Apalagi, di titik tersebut berbentuk L sehingga aliran air dari Kali Bekasi lebih deras. ”Dan airnya menghantam tanah jadi hilang daratannya" cetusnya. (dny)

 

 

 

 

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / Evakuasi Korban Longsor Dihentikan

Megapolitan / Penambang Ilegal, Masalah Utama Gunung Pongkor

Megapolitan / Longsor Mengancam, Zona III Pembuangan Sampah Ditutup

Nusantara / Alat Berat Buka Akses Longsor Bakan Mongondow

Megapolitan / Rawan Bencana, Satu Kampung Dipindah

Nasional / Longsor di Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara Telan Korban Jiwa


Baca Juga !.