Headline

Ustad Arifin Ilham Berangsur Pulih, Tak Absen Amalan

Redaktur: Juni Armanto
Ustad Arifin Ilham Berangsur Pulih, Tak Absen Amalan - Headline

TERSENYUM - Ustad Arifin Ilham masih menjalani perawatan medis di rumah sakit, Penang, Malaysia. Foto : IST

INDOPOS.CO.ID - Sebuah foto yang tersebar di media sosial (medsos) memperlihatkan senyum Ustad Arifin Ilham kembali merekah. Setelah menjalani perawatan medis di Penang, Malaysia, kesehatan ustad kondang itu terus membaik. Bahkan, dia dikabarkan sudah dapat menerima tamu hingga makan tanpa harus disuapi.

Kabar gembira itu membuat para jamaah Majelis Taklim Adz Dzikra berbondong-bondong ingin menengok pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Arifin Ilham. Kepastian kabar membaiknya kondisi Ustad Arifin Ilham juga diinformasikan oleh Ustad Harir Rijal selaku sahabatnya. ”Kondisi ustad (Arifin, Red) sudah sangat membaik. Saat ini masih di Penang, Malaysia,” kata Ustad Harir kepada INDOPOS, Senin (14/1/2019).

Meski masih sakit, lanjut dia, sahabatnya itu tidak pernah meninggalkan amalan tujuh surah. Ustad juga tetap melakukan salat tahajud saat malam hari. Bahkan tidak pernah lupa untuk membaca Alquran setiap saat. ”Beliau tidak pernah lepas menjaga wudhunya. Dan tidak melewatkan harinya dengan sadaqah di dalamnya,” ungkapnya.

Namun, Ustad Harir belum bisa memastikan Ustad Arifin kembali ke tanah air. Pria kelahiran Banjarmasin, 8 Juni 1969 ini perlu mengembalikan kondisi kesehatannya hingga pulih total. Pasalnya, putera kedua dari lima bersaudara pasangan Ismail Marzuki dan Nurhayati tersebut selalu menghabiskan waktunya memikirkan umat. Akibatnya kondisi tubuh mengalami drop hingga harus menjalani rawat inap. ”Ke Malaysia itu bukan hanya karena kondisinya ngedrop, tapi memang karena harus kontrol ke sana dan untuk istirahat total,” ungkapnya.

Ustad Harir menerangkan, selama menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Ustad Arifin tidak bisa beristirahat total. Apalagi penyakit yang diidapnya telah dialami cukup lama. Dia sakit sejak pekan lalu. Dikabarkan karena terserang virus dan membuatnya sulit berkomunikasi.

Setahun yang lalu, Ustad Arifin juga sempat menjalani kemoterapi di Negeri Jiran. Dia kemudian dinyatakan sembuh. ”Kemo sekarang ini bukan kali pertama. Pas di depan media, itu memang sudah sembuh,” jelas Ustad Harir. Bahkan, kemoterapi dilakukan sebanyak sembilan kali demi menjamin kesembuhan sang ustad. ”Kalau sembuhnya saat itu diunggah di media sosial, itu belum setahun ini,” imbuhnya.

Sebab, pasca-pengobatan ustad yang banyak mengisi layar kaca itu sudah kembali berolahraga. Ini terutama untuk berkuda, memanah, bulu tangkis hingga berenang. Ternyata penyakit itu kembali kambuh. Diduga karena Ustad Arifin kelelahan, tenaganya habis. ”Karena terlalu memforsis tenaga inilah, kemudian menyebabkan kondisi Ustad Arifin ngedrop lagi. Ditambah beliau tidak bisa menolak undangan dari umat,” terangnya.

Ustad Arifin memang rutin berolahraga. Setiap Selasa merupakan jadwal melakukan kegiatan jasmani dan tidak menerima undangan dari umat. Olahraga tersebut dilakukan di pacuan kuda miliknya di kawasan Gunung Sindur dan Sentul. Sementara untuk olahraga renang dilakukan di Sentul. Sementara, kegiatan badminton dilakukan di Depok. Sementara untuk jadwal tausyiah rutin, Ustad Arifin akan memberi ceramah agama pada Minggu pertama di Adz Dzikra. Setiap melakukan tausyiah, para jamaah dari Jakarta dan Bogor pasti memenuhi masjid.

Dzikir menjadi fokus utama Ustad Arifin pada tiap taklimnya. Dia berpendapat melalui dzikir, membuat umat Islam lebih dekat kepada Allah SWT, terutama di setiap aktivitas, sehingga terhindar dari kemaksiatan. ”Ketika ada kemaksiatan, maka pada titik itu ia (manuisa, Red) lupa kepada Allah. Ini pesan dari Ustad Arifin,” tutur Ustad Harir.

Dia mengatakan, setiap embusan napas Ustad Arifin adalah tasbih. Dia mengisahkan, sang sahabatnya itu terbiasa melakukan dzikir pada malam hari. Selanjutnya dilakukan salat tahajud. Kebiasaan itu membuat para jamaah Majelis Taklim Adz Dzikra pun mengikuti. Biasanya, Ustad Arifin akan melanjutkan salat subuh berjamaah dan membaca tujuh surat. Di antaranya surah Yasin, Al-Kahfi, Arrahman,Waki’ah dan Al-Fajr. 

Pada akhir perbincangan dengan awak media ini, Ustad Harir berpesan kepada umat agar senantiasa mendoakan Ustad Arifin. Karena, pria yang sangat menyayangi binatang ini adalah sosok yang mampu mempersatukan umat dari berbagai kelompok umat dan golongan. ”Maka doakan untuk tidak henti-hentinya untuk kesembuhan dan kesehatan beliau. Karena umat masih membutuhkan sosok Ustad Arifin Ilham,” harap pimpinanan Majelis Hikmah Pondok Indah ini.(*)

 

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / Menjahit Asa Hidup ala Penjahit DPR Bukit Duri

Headline / Surga di Bawah Kabut


Baca Juga !.