Headline

Penerapan Zonasi Hapus Stigma Sekolah Favorit

Redaktur: Redjo Prahananda
Penerapan Zonasi Hapus Stigma Sekolah Favorit - Headline

Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan Chatarina Muliana Girsan (pojok kiri) menghadiri konfrensi pers Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019. Foto: Iwan Tri Wahyudi W/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan penerapan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019.

Sistem zonasi ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan di sektor pendidikan, seperti ketersediaan fasilitas sekolah, sebaran siswa serta menghilangkan stigma sekolah favorit.

"Zonasi untuk pemerataan mutu dan menghapus sekolah favorit. Zonasi ingin menghapus stigma itu," ujar Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan Chatarina Muliana Girsan di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Menurut dia, sering kali masyarakat beranggapan penerapan zonasi itu mengkaitkan dengan sekolah favorit. Padahal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya menghapuskannya dan terus meningkatkan kualitas pendidikan di setiap sekolah.

"Jangan membenturkan zonasi dengan sekolah favorit. Kalau seperti itu seperti air dan minyak tidak menyatu," jelas Chatarina.

Dalam permendikbud Nomor 51 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019. Mengatur mengenai penerimaan siswa baru dilaksanakan melalui tiga jalur ; zonasi dengan kuota minimal 90 persen, prestasi dengan kuota maksimal lima persen dan jalur perpindahan orang tua dengan kuota maksimal lima persen.

Sistem PPDB diganti mengoptimalikan zonasi, agar siswa sudah mengetahui akan melanjutkan ke sekolah mana sejak awal tahun. Calon peserta didik dari jenjang sekolah dasar dan menengah tidak perlu lagi mendaftar secara online ke sekolah tujuan. (dan)

Berita Terkait

Nasional / PPDB 2019 Belum Prioritaskan Anak Difabel

Nasional / PPDB 2019, Sekolah harus Mendata Calon Peserta Didik

Nasional / PPDB 2019, Sekolah harus Mendata Calon Peserta Didik

Headline / Pendidikan Antikorupsi Masuk Dalam Program PPK

Nasional / Edukasi Bencana Tidak Masuk Mata Pelajaran di Sekolah


Baca Juga !.