Nasional

PPDB 2019, Sekolah harus Mendata Calon Peserta Didik

Redaktur: Redjo Prahananda
PPDB 2019, Sekolah harus Mendata Calon Peserta Didik - Nasional

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Munculnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019. Untuk penyempurnaan sistem zonasi. Calon peserta didik dari jenjang sekolah dasar dan menengah tidak perlu lagi mendaftar secara online ke sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, bahwa penerapan sistem zonasi mengharuskan calon peserta didik untuk bersekolah yang memiliki radius terdekat dari domisilinya masing-masing.

"Kalau biasanya murid yang mendaftarkan diri ke sekolah. Sekarang sekolahnya yang harus pro-aktif mendata calon peserta didik," ujar Muhadjir Effendy di kantornya, Selasa (15/1/2019).

Ia juga meminta agar pemerintah daerah membuat petunjuk teknis (juknis) PPDB dengan Peraturan Kepada Daerah yang berpedoman kepada Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB.

"Itu supaya ada inisiatif untuk sekolah lebih mendahului. Bukan menunggu orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah. Tapi mereka turun sendiri ke keluarga bekerja sama dengan Dukcapil kemudian mereka didata diundang untuk masuk ke sekolahnya," jelas Muhadjir. 

Maka Kemendikbud akan memaksimalkan kembali kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, sebab sistem zonasi ini erat hubungannya dengan data kependudukan suatu wilayah.

"Jadi kerja sama dengan petugas pendidikan setempat. Untuk mendata tapi basisnya ada dua yakni yang ada di sekolah dan yang ada di catatan ke pendudukan," terangnya. 

Penerimaan siswa baru dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu zonasi dengan kuota minimal 90 persen, prestasi dengan kuota maksimal lima persen dan jalur perpindahan orang tua dengan kuota maksimal lima persen. (dan)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Mendikbud: Kapasitas Guru Vokasi Ditingkatkan

Nasional / PPDB 2019 Belum Prioritaskan Anak Difabel

Headline / Penerapan Zonasi Hapus Stigma Sekolah Favorit

Headline / Penerapan Zonasi Hapus Stigma Sekolah Favorit

Headline / KPK Optimalkan Pengawasaan Anggaran Pendidikan di Daerah

Headline / Pendidikan Antikorupsi Masuk Dalam Program PPK


Baca Juga !.