Awasi Berita Hoaks, Bawaslu Bentuk Gugus Tugas

INDOPOS.CO.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) membentuk gugus tugas guna mengawasi berita hoaks maupun ujaran kebencian di media sosial, 

Gugus tugas kali ini melingkupi instansi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan lntelejen Negara (BIN), Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kementerian Komunikasi dan Informasi (kemenkominfo) dan PoIri.

“Kami bekerjasama untuk mengawasi konten internet, terutama hoaks, dan ujaran kebencian dalam penyelenggaraan Pemilu,” ujar Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Ia menjelaskan, kerjasama ini untuk meningkatkan strategi pengawasan dan penindakan konten internet yang melanggar Undang-undang 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Selain itu, gugus tugas bakal berfungsi mengedukasi masyarakat untuk memahami bahaya hoaks dan ujaran kebencian serta jalur pelaporan ke pengawas pemilu.

“Kami sepakat hoaks ini masalah kita semua, kita sepakat bahwa penegakan hukum dalam bidang hoaks harus bersama-sama sehingga ada tukar-menukar info juga sekaligus saling berkoordinasi,” tukas Fritz. (jaa)

Komentar telah ditutup.