Headline

Memperkuat SDM dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Redaktur: Ali Rahman
Memperkuat SDM dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi - Headline

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat mendatangi Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/1/2019).. Foto: Kemenko PMK untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, mahasiswa harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Karena tantangan yang dihadapi setiap bangsa persaingan global yang berbasiskan kemajuan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Para mahasiswa manfaatkanlah masa belajar untuk membekali diri dengan kemampuan dan keandalan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Depok, Jawa Barat, Rabu (16/1/2019).

Dalam menghadapi tantangan para mahasiswa semakin dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengolah peluang dan potensi yang ada.

Menurutnya, Indonesia terus melakukan percepatan kesiapan sumber daya manusia, yang dapat menjadi penggerak ekonomi, industri, serta birokrasi yang berdaya saing dan modern.

"Saat ini, sarjana di Indonesia baru berkontribusi 11 persen atau 13 juta orang dari 121 juta penduduk yang bekerja. Lebih dari 65 persen, adalah lulusan pendidikan menengah ke bawah," jelasnya.

Untuk memperkuat profil angkatan kerja Indonesia, menurut Menko PMK, Pemerintah saat ini telah melakukan langkah strategis pertama memperluas penerima Bidikmisi (dari 199,5 ribu mahasiswa pada tahun 2014, menjadi 471,8 ribu mahasiswa pada tahun 2019), kedua revitalisasi vokasional.

"Ketiga, penguatan riset nasional mulai tahun ini pemerintah mulai mengalokasikan dana abadi penelitian, sebesar Rp 1 triliun, keempat, pengembangan manfaat dana LPDP untuk training-training," tukasnya. (dan)

Berita Terkait


Baca Juga !.