Politik

Demi Kelancaran Pemilu 2019, Pemerintah, TNI dan Polri Harus Bersinergi

Redaktur: Ali Rahman
Demi Kelancaran Pemilu 2019, Pemerintah, TNI dan Polri Harus Bersinergi - Politik

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

INDOPOS.CO.ID - Dalam mensukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi terbesar Pemilu 2019, Pemerintah dan pemerintah daerah (Pemda) harus berkordinasi secara dengan baik. Bahkan, pemerintah perlu berkordinasi dengan pihak-pihak Kepolisian hingga TNI agar Pemilu dapat berjalan dengan damai.

“Gubernur, Bupati, Camat jangan sampai lupa kalau di daerah ada TNI dan Polri yang memiliki rantai komando dari pusat sampai daerah, dari Panglima sampai Babinsa, dari Kapolri sampai Kapolsek”, kata Tjahjo saat menjadi pembicara pada Rapat Pimpinan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (16/1/2019)

Tjahjo juga mengapresiasi langkah Menteri Pertahanan untuk menggelar acara rapat tersebut. Rapat ini menurut Tjahjo sangat penting dalam rangka konsolidasi stakeholder terkait.

“Acara Rapat semacam ini sangatlah penting. Terlebih lagi menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, ini bisa sangat efektif sebagai ajang konsolidasi stakeholder terkait”, ujar Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo menegaskan, bahwa Pemda harus terus menjadikan TNI dan Polri sebagai rekan kerja yang solid di berbagai segmen pemerintahan.

“Semua stakeholder harus solid, semua memiliki porsi masing–masing yang telah diatur dalam Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pemilu dalam hal mendukung penyelenggaraan Pemilu 2019”, imbuh Tjahjo.

Dalam hal mengantisipasi,l terhadap gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu 2019, Tjahjo menegaskan, bahwa hal itu sudah diatur sepenuhnya dalam UU.

“UU Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial yang membagi tugas TNI, Polri dan Pemda jika konflik sosial muncul. Di dalamnya juga sudah dijelaskan mengenai mekanisme alokasi bantuan dan fasilitas yang bisa diberikan kepada masyarakat terdampak”, jelas Tjahjo.

Di sisa waktu sebelum Pemilu 2019 digelar, lebih lanjut Tjahjo mengatakan, segenap elemen bangsa bisa menjaga suasana yang damai dan kondusif.

“Masyarakat harus saling menjaga suasana damai dan kondusif, kita juga harus ingat salah satu bunyi Nawacita Pak Jokowi dan JK (Jusuf Kalla), yaitu membangun hubungan tata kelola pusat dan daerah yang efektif dan efisien agar harapan tersebut dapat tercapai”, tandas Tjahjo. (bar)

Berita Terkait


Baca Juga !.