Nasional

Mitigasi Bencana Harus Jadi Prioritas dalam Sektor Pariwisata

Redaktur: Ali Rahman
Mitigasi Bencana Harus Jadi Prioritas dalam Sektor Pariwisata - Nasional

Industri Pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Dok INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Perkembangan pariwisata Indonesia cukup pesat. Bahkan penghasil devisa terbesar. Data Kementerian Pariwisata tahun 2019, industri pariwisata diproyeksikan menyumbang devisa terbesar yaitu USD 20 miliar.

Namun industri pariwisata rentan terhadap bencana. Bila tidak dikelola dengan baik, dampaknya akan mempengaruhi pencapaian target kinerja pariwisata.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bencana salah satu faktor yang rentan mempengaruhi naik turunnya permintaan dalam industri pariwisata.

"Tentu ini menjadi menjadi pembelajaran bagi kita semua. Mitigasi, baik mitigasi struktural dan non struktural di kawasan pariwisata masih sangat minim," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Mitigasi bencana harus ditempatkan menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan sektor pariwisata. Serta pengurangan risiko bencana harus menjadi investasi dalam pembangunan pariwisata itu sendiri.

"Dalam proses pembangunan setiap USD 1 miliar yang diinvestasikan untuk pengurangan risiko bencana maka dapat mengurangi kerugian akibat bencana sebesar USD 7 - 40 miliar" beber Sutopo.

Penataan ruang dan pembangunan kawasan pariwisata juga harus memperhatikan peta rawan bencana. "Sehingga perencanaan hingga operasional dari pariwisata selalu mengkaitkan dengan ancaman bencana yang ada," jelasnya.

Beberapa kejadian bencana telah menyebabkan dampak industri pariwisata, antara lain gempa Lombok tahun 2018 menyebabkan 100 ribu wisatawan berkurang dan kerugian Rp 1,4 triliun di sektor pariwisata. Tsunami Selat Sunda menyebabkan kerugian ekonomi hingga ratusan milyar di sektor pariwisata. (dan)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Belajar Mitigasi Bencana dari Australia

Daerah / Sinabung Erupsi, Waspadai Bahaya Lahar

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Nasional / Banyak Pariwisata Indonesia Kelas Dunia yang Perlu Dikembangkan

Indotainment / Sutopo BPNPB Ucapkan Selamat kepada Raisa


Baca Juga !.