Nasional

Pemerintah Dipuji Tumbuhkan Ekonomi

Redaktur:
Pemerintah Dipuji Tumbuhkan Ekonomi - Nasional

Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional, Arif Budimanta

INDOPOS.CO.ID - Kelebihan pemerintah saat ini aktif dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berkualitas. Salah satu kelebihan dari pemerintahan saat aktif dengan "going concern”. Mengerjakan proses transformasi struktural secara serius. Sehingga membuat perekonomian Indonesia tetap tumbuh, menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran, menciptakan keadilan ekonomi mengingat angka rasio gini Indonesia membaik.

Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta menilai kendati pemerintahan saat ini memiliki kelebihan tersebut. Namun masih perlu menuntaskan sejumlah pekerjaan rumah seperti masalah neraca perdagangan negatif yang tertekan oleh neraca migas.

“Ada pemerintah yang aktif, tetapi apakah pemerintah yang aktif itu cukup? Tidak juga. Saya rasa salah satu kelebihan yang ada dalam pemerintahan ini ialah yang aktif dengan adanya "going concern,” katanya. ”Ada dua hal yang harus kita lakukan. Kita harus berani untuk melakukan satu disrupsi terhadap konsumsi migas yang basisnya ialah rumah tangga dan kendaraan bermotor, melalui kebijakan B20 (Biodiesel 20 persen) itu harus dikembangkan menjadi B30, B50," ujar Direktur Megawati Institute tersebut.

Bahkan, menurut Arif, pemerintah harus memiliki keyakinan dalam pengembangan sumber daya manusia ke depan yang implikasinya pada pengembangan riset dan teknologi. Dia melanjutkan, bahwa hal itu penting untuk mengembangkan sawit Indonesia agar menjadi substitusi dari bahan bakar berbasis fosil ke bahan bakar berbasis nabati.

"Kedua, kalau kita masih menggunakan bahan bakar berbasis fosil mau tidak mau kalau kita buat misalnya fasilitas refinery atau kilang minyak yang kita olah di sini maka minimal hal tersebut bisa menghemat," katanya.(ant)

TAGS

Berita Terkait

Ekonomi / Harga Emas Naik Tipis

Ekonomi / UKM Taklukkan Market AS

Daerah / Kontrak Baru Wika Ditargetkan Rp 66,74 Triliun

Nasional / Ekspor dan Investasi Pertanian Meningkat

Ekonomi / Pemodal Buru Aset Emerging Market

Ekonomi / Alasan Ekonomi, Mobilisasi Penduduk Meningkat


Baca Juga !.