Politik

Pakar Sebut Debat Tema Hukum, HAM dan Terorisme Titik Awal Perbaikan Negeri

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Pakar Sebut Debat Tema Hukum, HAM dan Terorisme Titik Awal Perbaikan Negeri - Politik

BELUM TERCOBLOS-Ilustrasi surat suara Pilpres 2019.FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID - Hari ini, Kamis (17/1/2019) KPU akan menggelar debat pertama calon presiden dan wakil presiden 2019, antara pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan pasangan Nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Hotel Bidakara, Jakarta, pukul 20.00 WIB.

Tiga isu besar bidang hukum akan menjadi fokus dalam debat perdana, yaitu persoalan hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, dan terorisme. Pakar hukum pidana Universitas Al Azhar Suparji Ahmad menegaskan debat sesi pertama dengan tema tersebut, tidak boleh disepelekan oleh pasangan capres-cawapres dan masyarakat .

Menurutnya debat pertama ini akan menjadi panduan bagi masyarakat dalam menilai perbaikan negeri ini ke depannya. "Hukum, HAM dan terorisme harus dilihat sebagai suatu sistem sosial yang mensejahterahkan dan meneguhkan tegaknya NKRI. Terutama bagaimana korupsi tidak lagi menjadi budaya para pejabat negara," kata Suparji kepada INDOPOS.

Ia menyatakan, pemberantasan korupsi harus sampai akarnya tidak sekadar bermain di hilir tapi di hulu pada sektor penerimaan negara. "Ada politicall will perlindungan dan pemenuhan HAM yang merakyat. Sedangkan terorisme harus diselesaikan dari akar persoalan tumbuhnya radikalisme. Misalnya keterbatasan pemahaman dan ketidakadilan," jelasnya.

Dia mengimbau, pasangan capres-cawapres jangan sia-siakan harapan publik dengan suguhan debat yang sesat. misalnya berkutat pada masa lalu yang sebetulnya semua bingung untuk merumuskan formula yang solutif.

"Semoga bukan debat yang lucu-lucuan. Meskipun formatnya sudah lucu karena KPU melakukan kompromi kepada partai politik pengusung dalam menentukan panelis dan pemberian kisi-kisi debat," sindirnya. (dil)

Berita Terkait

Politik / Siapa Pro Rakyat, Jokowi atau Prabowo?

Indotainment / Hana Nabilla Rizka: Kalau Saya Jadi Presiden

Nasional / KPU Prioritaskan Pencoblosan TKI

Politik / Ini Visi Misi Prabowo dan Jokowi di Debat ke-2


Baca Juga !.