Politik

Acara Debat, Bamsoet Minta Capres-Cawapres Jadi Diri Sendiri

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Acara Debat, Bamsoet Minta Capres-Cawapres Jadi Diri Sendiri - Politik

SERU - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Foto : IST

INDOPOS.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap debat capres-cawapres yang akan digelar nanti malam berlangsung apa adanya atau natural. Kedua kandidat diminta menjadi dirinya sendiri.

"Iya, natural aja. Karena bagaimanapun juga rakyat ingin melihat pemimpinnya lima tahun ke depan ini adalah dia sebagaimana adanya, tidak jadi orang lain," kata Bamsoet kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (17/1/2019).

Menurut Bamsoet, jalannya debat tidak bisa diarahkan dan sangat tergantung pada individu masing-masing calon. "Perdebatan dalam suatu acara antara si A dan si B itu harus natural. Tidak bisa diarah-arahkan. Sangat tergantung kepada individunya masing-masing. Kalau dia seorang penyerang pasti dia akan tunjukkan gaya-gaya penyerangan dalam perdebatan," jelasnya.

"Tapi kalau dia memang gaya defensif, bertahan, atau gaya-gaya yang santun, ya pasti akan mengarahkan apapun pertanyaan yang diarahkan kepadanya, jawabannya akan soft. Jadi sangat tergantung kepada individu atau karakter masing-masing," imbuh Bamsoet.

Politikus Golkar itu lalu berseloroh jika debat dilaksanakan antara Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon dan Fahri Hamzah akan berlangsung seru karena keduanya punya gaya menyerang."Beda kalau Fadli Zon sama Fahri Hamzah, pasti seru. Karena dua-duanya stylenya penyerang," candanya.

Kendati demikian, Bamsoet berharap debat perdana nanti akan berlangsung dengan baik dan lancar serta mampu memberikan gambaran kepada masyarakat bagaimana kepemimpinan kedua paslon. Ia ingin pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi bisa menyampaikan visi misi yang berkaitan dengan isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme secara jelas dan utuh.

"Kita harapkan masyarakat mendapatkan penjelasan yang utuh, runtut, kemudian juga memberikan wawasan bagaimana peta jalan hukum ke depan, pemberantasan korupsi ke depan, bagaimana peta jalan mengatasi terorisme ke depan," harap Bamsoet.

Sementara, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menginginkan masing-masing pasangan calon harus ”bertarung” maksimal. Kalau perlu seperti pencak silat, yang  menurutnya memukul tapi tidak melukai satu sama lain.(aen)

 
 
 
 

Berita Terkait


Baca Juga !.