Politik

Meski Kecil, Masih Bisa Ubah Sikap Pemilih

Redaktur: Folber Siallagan
Meski Kecil, Masih Bisa Ubah Sikap Pemilih - Politik

BALIHO-Persiapan debat Capres/Cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta. Antara/sigit kurniawan

INDOPOS.CO.ID - Malam ini, masyarakat Indonesia akan melihat secara langsung kedua pasangan calon (Paslon) Pilpres 2019 berdebat dan memaparkan pandangan mereka dalam membangun Indonesia lima tahun mendatang. Meski banyak yang pesimis dengan output debat tersebut, setidaknya para calon pemilih akan memiliki perspektif baru menyikapi debat tersebut.

Pakar hukum tata negara Mahfud MD meminta masyarakat mencermati janji calon presiden di acara debat dalam rangka pemilihan presiden yang akan digelar Kamis, 17 Januari 2019.

"Cermati apa yang dijanjikan para Capres, terutama dalam pemberantasan korupsi dan penyelesaian kasus hak asasi manusia (HAM) serta terorisme," ujarnya di sela diskusi dengan media di Surabaya, (16/1).

Debat tahap pertama yang digelar Komisi Pemilihan Umum tersebut bertemakan tentang hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Menurut dia, efek dari debat calon presiden akan mempengaruhi masyarakat, meski tidak banyak, sebab saat ini lebih dari separoh warga di Tanah Air sudah menentukan pilihan.

Kendati demikian, kedua calon presiden dipastikan telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena sadar tentang pengaruhnya terhadap masyarakat.

"Saya yakin debat sudah dipersiapkan sangat baik oleh dua capres, dan pasti tidak ada yang jelek. Lalu, tinggal rakyat memilih lebih menyetujui strategi Capres siapa yang lebih tepat," ucapnya.

Sementara itu, tentang polemik kisi-kisi yang disampaikan sebelum debat, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu tak mempermasalahkan, sebab diberikan atau tidak sama saja karena kedua Capres telah menyiapkannya.

"Kalau saya pribadi menilai tak masalah. Mahasiswa sebelum ujian saja sudah diberikan silabusnya," kata tokoh nasional kelahiran Sampang, Madura tersebut.

Secara terpisah, tokoh masyarakat Kabupaten Biak Numfor, Papua, Luther Rumpaidus mengatakan pelaksanaan debat pertama pasangan calon presiden/wapres diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) 17 Januari menjadi informasi langsung warga untuk mendengarkan program kerja pasangan calon dalam menentukan pilihan Pemilu 2019.

"Saya memberikan apresiasi atas kegiatan debat kandidat pasangan Capres/Cawapres, ya masyarakat Biak Numfor dapat menyaksikan langsung pemaparan program kerja dan solusi mengatasi masalah hukum, HAM, korupsi dan terorisme," ungkap Luther Rumpaidus di Biak, Rabu (16/1).

Ia berharap dengan mendengar langsung pemaparan dua pasangan calon Presiden warga Biak Numfor dapat mengetahui kebijakan yang akan dilakukan calon Presiden saat mereka terpilih dalam pemilu serentak 17 April 2019.

Luther Rumpaidus mengakui acara debat kandidat Capres/Cawapres akan memberikan pendidikan politik untuk seluruh rakyat Indonesia yang sudah punya hak pilih pada pemilu serentak 2019.

"Apapun nanti pilihan rakyat menjadi hak demokrasi yang akan ditentukan pada 17 April 2019, ya program debat kandidat digelar KPU akan menambah pengetahuan warga untuk menjatuhkan pilihan,"ujar Luther Rumpaidus.

Sementara itu, warga Biak lain Agustinus mengakui acara debat kandidat pasangan Capres/Wapres memberikan informasi warga dalam memberikan pilihan di Pemilu serentak. "Siaran langsung debat capres/cawapres dapat memberikan pendidikan politik untuk masyarakat, ya momentum demokrasi lima tahunan ini menjadi perhatian warga Biak," ungkapnya.

Sementara itu, Timses Jokowi-Ma’ruf Amin, Angga Lesmana meminta pidato yang akan disampaikan dalam debat capres-cawapres dapat memberikan data yang valid dan bukan pernyataan klise. "Program-program Prabowo hanya mencontek program kerja Pemerintah Jokowi-JK yang telah dijalani saja. Tidak ada program yang orisinal dan berbeda dengan pemerintah," kata Lesmana.

Sedangkan Timses Prabowo-Sandiaga, Sudirman Said menegaskan apa yang akan disampaikan Prabowo-Sandiaga dalam debat nanti malam adalah sebuah janji yang tulus dan tidak ada kebohongan. “Pak Prabowo pemimpin yang jujur, silakan disimak semua ucapannya,” tegasnya. (ant)

Berita Terkait


Baca Juga !.