Raket

Anthony Melaju, Fitriani Keok di Badminton Malaysia Masters 2019

Redaktur: Riznal Faisal
Anthony Melaju, Fitriani Keok di Badminton Malaysia Masters 2019 - Raket

Anthony Sinisuka Ginting. Foto : badmintonindonesia.org

INDOPOS.CO.ID - Dua wakil tunggal putra Pelatnas PBSI, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie meraih hasil berbeda di babak dua Malaysia Masters 2019 ini. 

Anthony sukses mengalahkan lawannya, Kashyap Parupalli (India), sedangkan Jonatan dihentikan Chen Long (Tiongkok).

Anthony mengalahkan Parupalli dalam 53 menit dengan skor 21-17 dan 25-23. Hasil ini memantapkan posisi Anthony atas Parupalli pada catatan pertemuannya dengan 3-0.

“Dari game pertama sampai terakhir cukup ketat. Walaupun di game pertama saya tetap bisa menahan poin untuk terjaga jaraknya. Game kedua sampai interval saya sudah enak mainnya. Tapi habis interval dia sempat merubah pola. Jadi permainan saya sempat terpengaruh, nggak sesuai ekspektasi saya,” kata Anthony dalam keterangannya di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (17/1/2019).

Di sisi lain, Chen rupanya masih terlalu tangguh untuk dihadapi oleh Jonatan. Sebelumnya lima kali bertemu, Jonatan belum pernah meraih kemenangan satu kalipun. Kali ini Jonatan kalah 15-21 dan 18-21 dalam waktu 45 menit.

“Sebenarnya kami sama-sama menunggu kesalahan masing-masing. Tapi saya akui saya masih banyak mati sendiri. Di game pertama saat posisi kalah angin, saya seharusnya bisa memanfaatkan untuk menguras tenaganya, tapi saya nggak melakukannya dengan baik. Terus saya juga terlalu hati-hati dan permainan saya banyak dibaca oleh dia,” jelas Jonatan. 

“Penampilan dia sejauh ini kurang lebih sama dengan sebelum-sebelumnya. Cuma memang nggak kaya dulu yang merancang untuk menyerang, sekarang dia lebih nunggu lawan melakukan kesalahan sendiri. Saya kurang puas dengan penampilan saya. Seharusnya saya bisa kasih perlawanan lebih, paling nggak bisa rubber game,” tambah Jonatan.

Di babak perempat final, Anthony kemudian akan berhadapan dengan Chen. Melihat kekuatan di atas kertas, Anthony punya catatan baik dengan 5-2 dalam rekor pertemuannya. Namun Anthony mengaku tak mau lengah dan tetap mewaspadai peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 tersebut.

“Persiapannya lebih ke badan aja sama fokusnya. Lawan Chen Long mau nggak mau harus lebih siap lagi, siap capek, siap mental, siap main apa aja di lapangan besok. Yang pasti nggak lebih mudah dari hari ini dan kemarin,” ungkap Anthony.

Sementara Langkah satu-satunya wakil tunggal putri yang tersisa, Fitriani akhirnya harus terhenti di babak dua Malaysia Masters 2018.

Juara Thailand Masters 2019 pekan lalu ini tak berhasil mengatasi lawannya yang merupakan unggulan dua, He Bingjiao (Tiongkok). Ia kalah dua game langsung dengan 14-21 dan 11-21.

Di awal game pertama, Fitriani membuka jalan dengan memimpin 5-2 dan 6-4. Sayang hal tersebut tak bisa terus terjadi hingga akhir game pertama. Selanjutnya Fitriani terus berada di bawah tekanan He hingga kalah 14-21.

Masuk ke game dua, Fitriani rupanya masih harus dibayang-bayangi keunggulan He. Fitriani pun akhirnya harus menelan kekalahan untuk yang ketiga kalinya dari He.

“Di game pertama saya menang angin, baru dorong sedikit sudah out. Saya nggak bisa mengontrol jadinya banyak ragu-ragu dan mati sendiri. Terus pergerakan kaki juga saya rasa kurang cepat kali ini. Lawannya memang bagus. Terus fokus saya juga berkurang, kaya nge-blank,” jelas Fitriani usai bertanding di Stadium Axiata, Kuala Lumpur Sport City, Malaysia.

“Fokus saya tidak sebagus saat di Thailand kemarin. Setelah ini saya akan turun di Indonesia Masters, saya harus lebih menjaga stamina, jaga fokus dan jaga pikirannya. Lebih diperbaiki lagi permainan yang tadi sama yang di Thailand kemarin,” lanjutnya.

Dengan kekalahan Fitriani, maka wakil tunggal putri Indonesia harus habis di babak dua Malaysia Masters 2019. Sebelumnya, Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan sudah kalah di babak pertama.(bam)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Angka Golput Takkan Sesuai Survei

Jakarta Raya / Penertiban Reklame Terkesan Lambat

Bola Lokal / Striker Persebaya Rishadi Fauzi Resmi di Persija

Daerah / Tren Golput Diprediksi Meningkat Karena Kekecewaan

Indotainment / Saipul Jamil Gagal Bebas Tahun Ini


Baca Juga !.