Politik

BPN Sebut Paslon 02 Siap Bahas Penegakan HAM di Forum Lain

Redaktur: Ali Rahman
BPN Sebut Paslon 02 Siap Bahas Penegakan HAM di Forum Lain - Politik

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat mengikuti Debat Pertama Capres-Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Foto : Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO ID - Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pasangan calon nomor urut 02 siap membahas komitmen penegakan HAM dalam forum lain. Tentu menyesuaikan agenda yang ada.

"Saya bicara mewakili paslon no 02. Kalau memang ada dibuat forum seperti itu ada waktunya dan tidak bertabrakan dengan agenda yang sudah dibicarakan kenapa engga," ujarnya kepada INDOPOS melalui sambungan telepon, di Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Hal itu untuk mengetahui lebih dalam visi misi dua pasang capres dan cawapres mengenai HAM. Sehingga masyarakat bisa menilai sendiri. "Saya rasa paslon no 02 tidak masalah datang. Tapi biar lebih adil dari sisi menilai dua-duanya harus ada," tutur Dasco. 

Terpisah, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik menyarankan bila debat perdana tidak membahas substansial soal pembahasaan penyelesaian kasus HAM. Maka bisa dilakukan dalam kegiatan lain. 

"Kedua calon juga bisa menyampaikan lewat forum lain dan melengkapi informasi bagi warga agar semua dapat gambaran yang lebih utuh tentang calon presiden dan wakil presiden," kata Taufan Damanik. 

Komnas HAM mengapresiasi tema hak asasi manusia dijadikan salah satu materi dalam debat pertama Pilpres 2019. Berkaitan dengan dua fungsi utama fungsi utama yaitu penegakan dan pemajuan HAM di Indonesia.(dan)

Berita Terkait

Headline / Kata Bawaslu soal Jokowi Disebut Pakai Earpiece

Politik / Ini Visi Misi Prabowo dan Jokowi di Debat ke-2

Politik / Ada Ledakan Dekat Lokasi Debat Pilpres 2019


Baca Juga !.