Nasional

Penyelenggaraan UNBK di Pulau-pulau Terkendala Listrik

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Penyelenggaraan UNBK di Pulau-pulau Terkendala Listrik - Nasional

PERJUANGAN-Siswa di wilayah Indonesia Timur berangkat sekolah menggunakan perahu. FOTO: JPNN

INDOPOS.CO.ID - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di sekolah-sekolah yang berlokasi di pulau penyangga Kota Batam, Kepulauan Riau masih terkendala saluran listrik.
"Kalau di pulau, masih tergantung keberadaan listrik. Di Pulau Buluh misalnya, listriknya tidak kuat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan di Batam, Senin (21/1/2019).

Meski begitu, katanya, Pemerintah Kota Batam terus berupaya agar UNBK dilaksanakan di seluruh sekolah, termasuk yang berada di pulau penyangga. Tahun ini, kata dia, setidaknya dua SMP di pesisir Pulau Belakangpadang sudah melaksanakannya.

"Yang di Belakangpadang sudah melaksanakan UNBK, SMPN 1 dan SMPN 2 sudah UNBK," kata dia. Ia menyatakan baru 26 dari 56 SMP negeri di Kota Batam yang melaksanakan UNBK tahun ini. Itu pun masih ada yang menumpang.

Sedangkan 30 sekolah lainnya masih menyelenggarakan UN Kertas Pinsil (UNKP). Ia mengatakan, untuk di pulau utama, penyelenggaraan UNBK terkendala jumlah komputer di setiap sekolah yang masih kurang. Sesuai ketentuan, untuk menyelenggarakan UNBK, sekolah memiliki minimal satu per tiga dari peserta UN.

"Kesiapan sekolah belum terpenuhi. Kendalanya di sarana dan prasarana," kata dia. Tahun ini, Pemkot Batam sudah melaksanakan pengadaan komputer demi mendukung UNBK di sejumlah sekolah. Sayang, ia enggan memberikan rincian.

"Tahun ini, untuk mendukung kegiatan maka diadakan. Pengadaan Satper beberapa komputer sebagai pemancing sekolah. Banyaknya lupa," kata dia. Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Batam, dari 97 SMP swasta, sebanyak 57 sekolah sudah melaksanakan UNBK dan 40 sekolah lainnya masih UNPK.(ant)

Berita Terkait

Megapolitan / Loh, Matematika Masih Dianggap Sulit

Megapolitan / Usai Ujian Dilarang Nongkrong di Jalan

Nasional / 12 SMP-Madrasah Bangka Barat Ujian dengan Menumpang

Nasional / Ini Alasan Daerah 3T Sulit Gelar UNBK

Daerah / Belum Semua SMP Ikuti UNBK


Baca Juga !.