Nasional

JPPR Temukan Dugaan Pelanggaran Sumbangan Dana Kampanye Jokowi dan Prabowo

Redaktur: Novita Amelilawaty
JPPR Temukan Dugaan Pelanggaran Sumbangan Dana Kampanye Jokowi dan Prabowo - Nasional

Manajer Pemantauan Seknas JPPR Alwan Ola Riantoby. Foto: Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menemukan adanya potensi pelanggaran pidana pemilu dalam Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dua pasang capres-cawapres. 

JPPR melakukan pemantauan dengan metode studi dokumen menganalisis dokumen LPSDK yang sudah diunggah peserta pemilu di web KPU dalam LPSDK.

Manajer Pemantauan Seknas JPPR Alwan Ola Riantoby mengungkapkan, pihaknya menemukan adanya 18 penyumbang fiktif perseorangan untuk paslon Jokowi - Ma'ruf Amin. 

Sementara untuk paslon Prabowo - Sandiaga, Alwan menemukan 12 penyumbang perseorangan yang tidak jelas identitasnya.

"Untuk kategori penyumbang kelompok, ada dua kelompok yang identitasnya atau perusahaan tidak jelas untuk menyumbang paslon nomor urut 02," beber Alwan di Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Ia menegaskan, dalam LPSDK kedua paslon tidak menyebutkan nama perseorangan maupun kelompok penyumbang. Mereka telah melakukan LPSDK pada tanggal 2 Januari 2019.

Adapun jumlah total sumbangan fiktif kedua paslon ini berada diangka Rp 20 juta hingga Rp 50 juta.

Alwan mengungkapkan, memang besaran sumbangan fiktif keduanya tidak terlalu besar. Akan tetapi, JPPR memandang bukan pada nominalnya, melainkan dari asas integritas dan keterbukaan paslon dalam ajang Pemilu 2019.

Kata Alwan, semakin tinggi kebenaran laporan yang dilakukan paslon, akan berpengaruh terhadap satu tingkat partisipasi. Begitu pula sebaliknya, semakin tidak benar pasangan calon memberikan laporan maka akan berpengaruh terhadap elektabilitas kedua paslon.


"Nah, ketidakbenaran laporan ini mengindikasikan bahwa pasangan calon kita semakin tidak integritas bagi kami," pungkasnya. (jaa)

 

Berita Terkait

Politik / Percaya Diri, Makan-Makan di GI

Politik / Jokowi-Ma’ruf Unggul di TPS Keluarga Cendana

Politik / Prabowo-Sandi Unggul di Ternate


Baca Juga !.