Headline

Pemberian Kisi-Kisi Debat Dihilangkan, Paslon Tetap Boleh Bawa Contekan

Redaktur: Ali Rahman
Pemberian Kisi-Kisi Debat Dihilangkan, Paslon Tetap Boleh Bawa Contekan - Headline

Ketua KPU RI Arief Budiman (tengah) bersama Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf Amin Aria Bima (kiri) dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga, Priyo Budi Santoso, dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu. Foto: Charlie Lopulua/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama dua tim sukses pasangan calon (paslon) presiden-calon wakil presiden (Capres-Cawapres) sepakat untuk meniadakan kisi-kisi pertanyaan pada gelaran debat Pilpres 2019 selanjutnya. Meski begitu, bagi paslon yang akan membawa contekan tetap diperbolehkan.

Ketua KPU RI Arief Budiman menyatakan, pihaknya tetap akan membuat kisi-kisi pertanyaan akan tetapi kisi-kisi itu tidak diberikan kepada paslon seperti halnya debat perdana.

"KPU akan atur kisi-kisi itu, tidak akan bocor. Saya pastikan itu," tegas Arief usai rapat evaluasi bersama peserta Pilpres 2019 di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Ia juga memastikan tidak akan ada teleprompter atau layar untuk membaca naskah ketika berpidato. "Tidak ada, tadi sudah disampaikan," katanya.

Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf Amin Aria Bima melihat salah satu evaluasi debat perdana yang disorot publik ialah adanya pemberian kisi-kisi.

Evaluasi lain menurutnya, terkait pendeknya waktu debat sehingga tampak terlalu kaku, kurang luwes serta suasananya tegang.

"Kami sepakat timses 01 maupun 02 menyerahkan sepenuhnya otoritas kewenangan KPU sesuai UU bahwa beberapa proses hanya berikutnya kami siap-siap saja," jelasnya.

Hal senada juga dilontarkan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga, Priyo Budi Santoso. Menurutnya, hal yang perlu dievaluasi ialah mengenai bagaimana KPU menarik antusias masyarakat untuk ikut melihat debat di layar kaca.

"Kami tadi sudah memberikan masukan kepada KPU yang memungkinkan format debat nanti lebih natural, lebih alamiah, lebih rileks lebih memungkinkan calon calon itu bisa mengeksplorasi gagasan dengan bebas," papar Politikus Partai Berkarya itu.

Selain itu, Priyo menegaskan, pihaknya juga menyetujui dihilangkannya pemberian kisi-kisi pertanyaan kepada paslon. "Pada prinsipnya kisi-kisi yang kemarin disetujui itu mau ditutup silakan," pungkasnya. (jaa)

Berita Terkait

Headline / Perppu Mampu Atasi Kurangnya Kertas Suara

Banten Raya / Dandim 0603 Lebak Pastikan TNI Netral


Baca Juga !.