Najwa Shihab dan Tommy Tjokro Belum Pasti Jadi Moderator Debat Kedua

INDOPOS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menentukan sosok yang akan menjadi moderator debat capres-cawapres kedua. Nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro yang belakangan mencuat belum pasti akan dijadikan moderator.

Anggota KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan dua nama di atas diusulkan oleh pihak televisi penyelenggara. Namun, KPU belum membahasnya bersama dua tim sukses peserta Pemilihan Presiden 2019 (pilpres).

“Berdasarkan UU memang gagasan KPU soal moderator harus dikoordinasikan dengan pihak pasangan capres dan cawapres melalui tim sukses masing-masing,” ujar Wahyu di Kantor KPU Menteng Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Pria asal Banjarnegara Jawa Tengah ini menjelaskan moderator debat berlatar belakang dari insan media. Moderator diharapkan mampu memandu lalu lintas debat supaya lebih dinamis termasuk juga harus memahami tema debat kedua.

Mengenai usulan nama Najwa Shihab yang sempat dikritik kubu Prabowo – Sandiaga lantara dinilai tidak berpihak ke satu paslon, Wahyu enggan berkomentar. Yang pasti, katanya, yang mengusulkan moderator dari pihak televisi penyelenggara.

“Kami belum bisa berkomentar karena kami belum punya data keberpihakan yang dimaksud (Najwa),” katanya.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV. (jaa)

Komentar telah ditutup.