Ekonomi

UKM Taklukkan Market AS

Redaktur: Jakfar Shodik
UKM Taklukkan Market AS - Ekonomi

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID  - Diaspora Indonesia di Houston, Asnur Bahar membuka warung padang Rendangand Co di Tulsa, Oklahoma, Amerika Serikat (AS). Pria asli Padang itu, mengasah jiwa wirausaha di sela-sela kesibukan kerja di perusahaan minyak ternama AS.Jebolan Petroleum Engineering University of Tulsa (UOT) di Oklahoma State itu lama berkerjadi perusahaan minyak Schlumberger.

Saat ini, Ia sudah menjadi konsultan dan pengajarperminyakan dan berkelana ke seluruh dunia termasuk biasa mampir bolak-balik ke Jakartadalam setahun.Isteri Asnur asal Semarang memberi ide kala mampir Jakarta untuk membawa bumbu Masakan Padang untuk dipasarkan di AS. Kala Asnur bertemu temannya asal Palembang menyuplaibahan ke Restoran Pagi Sore di Jakarta, pada awal Asnur memesan dalam skala kecil.

Tidak disangka, kini pesanan tersebut membeludak dan rata-rata mencapai 130 kilogram (kg) bumbu masakan padang dengan berbagai rasa dipesan setiap kali bolak balik dari Amerika keJakarta. Asnur bersama istri menjual bumbu itu secara online di AS dan beberapa di antaranya dipromosikan di berbagai acara, terutama dalam event-event KJRI Houston.Acara seperti itu rutin diselenggarakan Konjen Nana Yuliana untuk mempromosikan produk Indonesia sekaligus memacu semangat kewirausahaan pada diaspora Indonesia pada 12 States, wilayah kerja Konjen. 

Asnur berencana mulai 1 Februari 2019 mendatang, akanmembuka sebuah restoran Indonesia bertitel Rendang and Co di Tulsa, Oklahoma. ”Kamibukan sekadar menjual Rendang tetapi juga makanan Indonesia lain,” tutur Asnur di HoustonAS, Senin (21/1/2019).

Asnur membagikan kisah sukses merintis wirausaha di negeri orang saat acara kumpul-kumpul Diaspora Indonesia. Terutama diaspora yang berminat mengembangkan bisnis sebagai UKM untuk menjual produk-produk Indonesia di KJRI Houston. Tiga pengusaha dengan sepuluh bisnis, pejabat Port of Hosuton, dan Food & Drug Adninistration (FDA) juga diundang untukmempresentasikan tentang bagaimana berbisnis di Houston.Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM Hermawan Kartajaya menyambut baik semangat kewirausahaan diaspora Indonesia sekaligus memberikan tips agar sukses berwirausaha.Hermawan berpesan, diaspora Indonesia tidak pantang menyerah dan tetap mempromosikan Indonesia dengan brand-brand menarik.

Selain Asnur, diaspora Indonesia juga berbisnis di usaha kuliner yakni Fifi Manan bersamasuami Robert Manan juga akan membuka Restoran Wonderful Indonesia (WIND) di Atlanta,Giorgia. Berformat Fine Dining, WIND akan melibatkan Chef Yono yang namanya sangatpopuler dan juga mempunyai usaha kuliner di Albany, New York. Bahkan rencananya Dubes Indonesia untuk AS Budi Bowo Leksono dari Washington DC danKonjen Nana Yuliana akan meresmikan rumah makan tersebut. 

”Jadi, marilah kita jadikan 1Februari sebagai Hari Kebangkitan Kuliner Indonesia di Amerika,” tegas Nana.Sementara Hermawan Kartajaya mengatakan melihat motif berbisnis dengan semangatnasionalisme tinggi baik masih WNI atau yang sudah menjadi warga negara AS. 

”Apalagibanyak Ibu-ibu yang bersuami profesional diberbagai perusahaan minyak besar di Houston,ingin mengisi waktu dengan menjadi UKM untuk memasarkan produk produk Indonesia.Kementerian Koperasi dan UKM dan International Council for Small Business (ISCB) Indonesiasiap menjadi platform produk-produk Indonesia yang dibutuhkan,” tegas Hermawan.

Ia berharap Asnur dan diaspora Indonesia bisa menjadi pemicu semangat para UKM Indonesiasekaligus membuka peluang bagi produk-produk Indonesia lain untuk masuk ke Amerika. (dai)

TAGS

Berita Terkait

Ekonomi / Harga Emas Naik Tipis

Daerah / Kontrak Baru Wika Ditargetkan Rp 66,74 Triliun

Nasional / Pemerintah Dipuji Tumbuhkan Ekonomi

Nasional / Ekspor dan Investasi Pertanian Meningkat

Ekonomi / Pemodal Buru Aset Emerging Market


Baca Juga !.