wisata

Berenang di Antara Hamparan Sawah Hijau

Redaktur: Sicilia
Berenang di Antara Hamparan Sawah Hijau - wisata

SEGAR - Berendam di objek wisata Sumber Maron, Malang, Jawa Timur. Foto: Instagram @sumbermaron

INDOPOS.CO.ID - Bermain air dikolam renang mungkin sudah biasa. Tapi pernahkah Anda menikmati pemandian dengan suasana perpaduan antara hamparan sawah hijau, sungai jernih, kolam sumber air alami, hingga air terjun dengan ketinggian sedang. Mungkin Sumber Maron bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Menuju tempat ini cukup mudah. Dari kota Malang, kita tinggal mengarah ke Kepanjen.

Kemudian, lanjutkan perjalanan Anda ke arah Kecamatan Gondanglegi. Tak perlu khawatir tersesat. Karena ada banyak petunjuk arah menuju Sumber Maron.

Tiba diparkiran objek wisata di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur itu Anda akan disuguhi area perkampungan penduduk. Untuk mencapai sumber mata air, kita harus turun dan masuk beberapa kilometer.

Meski hari berjalan cukup jauh, tapi gemericik air dan hamparan sawah nan hijau rasanya bisa memuaskan dahaga dan rasa capek.

Jika sudah menemukan jembatan kecil yang menjadi penghubung air terjun, berarti kita sudah sampai di tujuan. Tidak terlalu tinggi, juga tidak terlalu deras.

"Aaaaa seger," teriak sekumpulan anak kecil yang menikmati dinginnya air. Beberapa orang duduk di atas bebatuan tebing sambil berbaring menikmati air yang jatuh dari atas.

Tidak hanya anak-anak, bahkan orang tua juga ikut menikmati. "Airnya segar," ujar Tuti, Pengunjung Sumber Maron, Minggu (20/1/2019).

Disekililing ada pondok-pondok yang bisa dijadikan wadah singgah sementara. Tersedia alat sewa yang bisa dinikmati. Mulai dari pelampung, hingga ban dengan ukuran yang berbeda-beda.

Pilihan jatuh pada ban yang berukuran kecil. Bisa dimuat satu orang. Kaki mulai menapakkan ke bebatuan di tepi air. Dingin. Jatuhkan ban dan bersiap untuk meluncur. Tidak terlalu deras. Tapi membuat nyaman.

Suasana tenang membuat pikiran menjadi lebih rileks. Tidak perlu khawatir akan dibawa jauh. Tepat di ujung, ada penjaga siap menangkap ban yang ditumpangi.

Untuk ke titik awal, kita harus melewati pinggiran sungai yang dipenuhi lumpur. Banyak anak tertawa riang menikmati perjalanan tubbing tersebut. Belum lagi ketika ban yang ditumpangi menabrak batu.

"Anak-anak suka dibawa ke sini. Karena bisa main air. Airnya juga nggak terlalu dalam," ujar Tuti.

Terlalu asik menikmati air, hingga rasa lapar pun tiba. Pondok-pondok juga menyajikan menu-menu sederhana yang bisa mengisi kekosongan perut.

Bagi para penyuka tantangan, lebih baik ke Sumber Maron ketika musim hujan dengan arus lebih kencang dan debit air cukup tinggi. Anak-anak di bawah usia tujuh tahun tidak disarankan untuk river tubbing tanpa pendampingan orang tua.

Bagi pengunjung yang membawa anak kecil bisa menikmati bermain air di daerah dekat air terjun. Atau di kolam tak berarus dengan banyak ikan. (zbs)

Berita Terkait

wisata / Puri Tri Agung, Destinasi Wisata Budaya dan Religi

wisata / Indahnya Sunset di Pasir Timbul Meko

wisata / Sensasi Melangkah di Bibir Kawah

wisata / Menara Pakaya, Magnet Baru Gorontalo

wisata / Rencanakan Perjalanan Romantismu ke Sini

wisata / Danau Eksotik di Atas Bukit


Baca Juga !.