Megapolitan

Menteri ATR Beri Penyuluhan Proses Sertipikat Tanah Warga Serang

Editor: Dani Tri Wahyudi

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil memberi penyuluhan ke warga Serang. Foto: Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil memberikan penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada ratusan warga di Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Rabu (23/1/2019).

PTSL ini merupakan program pemerintah untuk membantu kepengurusan sertipikat tanah warga. Maka dari itu, Sofyan meminta warga untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan seperti memasang tanda batas tanah atau patok.

"Tolong dipasang tanda batasnya. Karena yang tahu batasnya pemilik tanah. Nanti begitu orang BPN datang tinggal diukur," ungkapnya.

Kemudian warga juga diminta untuk mengumpulkan dokumen atau surat-surat kepemilikan tanah. Kata Sofyan, dokumen ini bisa saja surat waris, akta jual beli, maupun dokumen lainnya. "Jadi itu buktinya nanti supaya batas yang diketahui bisa dikeluarkan sertifikatnya," tandasnya.

Sofyan menjanjikan bahwa proses pembuatan sertipikat tanah ini gratis bagi para warga di 13 desa, Kecamatan Baros. Bahkan, bila ada petugas BPN yang ditengarai meminta uang ke warga, Sofyan minta untuk lapor ke Kepala BPN Banten. "Kalau ada yang minta (uang, red) lapor saja sama saya," tegasnya.

Kepala BPN Wilayah Banten Andi Tenri Abeng. Sementara Andi menambahkan, pasukannya bakal mulai turun mengukur tanah warga pada bulan Februari 2019. Ia juga berjanji sertifikat bakal rampung pada bulan Juli 2019.

"Nanti tim kami akan turun, pakai rompi, ada surat tugasnya juga untuk membantu mengurus sertifikat bapak ibu," kata Andi.

Adapun target penerbitan setipikat tanah di Kecamatan Baros berjumlah 20 ribu sertifikat tanah. (jaa)

Berita Lainnya kan

Menteri ATR Bagikan 525 Sertipikat Tanah di Banten

Banten Raya

Banner

Facebook

Twitter