Politik

Tim Sukses Capres Minta Panelis dan Moderator Debat Disumpah

Redaktur: Redjo Prahananda
Tim Sukses Capres Minta Panelis dan Moderator Debat Disumpah - Politik

Debat perdana Pilpres 2019. Foto : Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Tim sukses Prabowo dan Jokowi meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyumpah panelis dan moderator debat kedua Pemilihan Presiden 2019.

Panelis bakal berjumlah 8 orang lagi, namun KPU belum menentukan nama-nama tersebut. Sementara moderator debat Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Wakil Ketua BPN, Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso yang pertama meminta hal tersebut. Menurut dia, tanpa kisi-kisi pertanyaan, maka sumpah ini perlu untuk menjaga kerahasiaan pertanyaan.

"Semua harus berduma untuk merahasiakan alias tidak membocorkan kisi-kisi maupun bentuk pertanyaan," ucap Priyo dalam rapat persiapan debat di Kantor KPU Menteng Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2019).

Wakil Direktur Saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Lukman Edy menambahkan bahwa memang perlu ada mekanisme tersendiri selain sumpah.
Sebab, mekanisme ini penting supaya publik percaya, pertanyaan-pertanyaan dari panelis tersebut bersifat tertutup.

"Bahkan mungkin kepada KPU sendiri. Pada komisioner KPU sendiri tidak tahu kisi-kisi pertanyaan-pertanyaan itu. Saya ingin, jangan sampai menjadi prasangka," jelas Politikus PKB itu.

Debat kedua Pilpres 2019 hanya akan mempertemukan dua capres tanpa cawapresnya masing-masing.

Tema dalam debat kedua mengenai energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup Debat berlangsung 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta dengan disiarkan oleh RCTI, GTV, MNC TV, dan INews TV. (jaa)

Berita Terkait


Baca Juga !.