Internasional

Partai Opisisi Venezuela Rangkul Pejabat Pemerintah

Redaktur: Achmad Sukarno
Partai Opisisi Venezuela Rangkul Pejabat Pemerintah - Internasional

TURUN KE JALAN – Masyarakat Venezuela mendengarkan orasi Ketua Majelis Nasional Vene­zuela Juan Guaido. Mereka melakukan aksi unjuk rasa melawan pemimpin Nicolas Maduro. Foto: AFP

INDOPOS.CO.ID - Juan Guaido, pemimpin oposisi menyatakan diri sebagai presiden sementara Venezuela. Juan telah menemui sejumlah pejabat pemerintah untuk menyakinkan mereka mengenai pentingnya pemilu baru, Guaido menyatakan diri sebagai presiden sementara, setelah Maduro dilantik untuk masa jabatan periode kedua.

Maduro terpilih kembali pada Mei dalam pemilu yang dinodai banyak dugaan pelanggaran. Sejumlah tokoh oposisi tidak diizinkan mengikuti pemilu.

Amerika Serikat (AS), Kanada, dan sejumlah negara Amerika Latin pun mendukung Guaido. Sebuah video yang menurut pemerintah merupakan bukti pertemuan itu menunjukkan Cabello dan pejabat tinggi pemerintahan Maduro, Freddy Bernal, memasuki sebuah hotel.

Mereka diikuti oleh beberapa anggota Badan Legislatif ternama oposisi dan seseorang yang mengenakan topi bisbol dan tudung abu-abu yang oleh pemerintah dikatakan sebagai Guadio.

Video itu memicu trending #guaidochallenge di Twitter, dengan para pengguna mengunggah foto mereka, teman, dan bahkan hewan peliharaan mereka dengan topi dan tudung untuk menunjukkan siapa pun bisa menjadi orang yang terdapat di video itu.

sementara itu di Caracas, Guaido mengatakan dihadapan pendukung dan kerumunan massa yang sedikit bahwa dia memang bertemu dengan para pejabat, meskipun dia tidak merinci waktu dan siapa yang dia temui.

Dia mengatakan dia tertarik untuk membahasnya dengan siapa pun, sipil atau militer, yang akan mendukung diakhirinya perebutan kekuasaan oleh Maduro serta mendukung pemerintahan transisi dan pemilu yang bebas.

Dia tidak khawatir bila lebih banyak perincian dari pertemuan itu terungkap. "Saya siap,” katanya. (ant/reuters)

Baca Juga


Berita Terkait

Internasional / Venezuela Buka Kembali Perbatasan dengan Kolombia

Internasional / Tiongkok Kirimkan 71 Ton Bantuan Medis untuk Venezuela

Internasional / Pemimpin Oposisi Venezuela Segera Buka Hubungan dengan AS

Internasional / AS Cabut Sanksi untuk Jenderal Penentang Presiden Venezuela

Internasional / Hukuman Mati Bagi LGBT Tak Berlaku


Baca Juga !.