All Sport

SEA Games Hanya Sasaran Antara

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
SEA Games Hanya Sasaran Antara - All Sport

Menpora Imam Nahrawi. Foto : Dok/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Sukses Indonesia menembus posisi empat besar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dengan raihan 31 medali emas membuat pemerintah dalam hal ini Kemenpora tidak lagi menjadikan SEA Games sebagai sasaran utama.

Oleh karenanya menghadapi SEA Games 2019 di Filipina, hanya akan mengirim atlet lapis dua atau kompisis 60 persen atlet junior dan 40 persen atlet senior.

Hal itu dikatakan Menpora Imam Nahrawi saat menerima Pengurus Pusat Seksi Wartawan Olahraga (PP.Siwo) PWI di Ruang Kerjanya Lantai 10 Gedung Gerbang Pemuda Senayan Jakarta, Senin, (28/1/2019).

”Ya kita sekarang sudah harus fokus pada target lebih tinggi, Asia dan Olimpiade. Jadi SEA Games 2019 di Filipina nanti hanya sebagai sasaran antara menuju prestasi Asia dan Olimpiade. Dengan pola seperti itu orientasi kita harus Asia dan Olimpiade,” kata Imam Naharwi.

Menurut dia, pendanaan untuk pelatnas SEA Games pun akan berpatokan pada pencapaian target tadi. Atlet yang fokus Asia dan Olimpiade, pendanaannya pasti berbeda dengan atlet yang hanya fokus SEA Games.

Di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, kontingen Indonesia berada di peringkat 5 sama dengan hasil yang dicapai pada SEA Games 2005 di Manila, Filipina.

”Namun kita tetap memacu induk organisasi cabang olahraga (PP/PB) untuk tetap meningkatkan kualitas atlet mudanya,”tambah Menpora.

Thailand pun seperti dikatakan Menpora juga hanya menjadikan SEA Games sebagai sasaran antara. Negeri Gajah Putih itu sejak tiga SEA Games sebelumnya lebih banyak mengirim atlet lapis duanya.

Bahkan untuk SEA Games 2019 Filipina, hampir semua peserta sepakat menjadikan sebagai ajang memupuk persahabaan di antara negara-negara sesama Asean. Makanya tuan rumah Filipina diberi kebebasan memasukkan jumlah cabang olahraga andalannya.(bam)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Apresiasi Kinerja Menpora

All Sport / Juara di Busan, Christo Bidik SEA Games

All Sport / Wajah Baru Hiasi Pelatnas Panahan

All Sport / Belum Terima Gaji, Puluhan Karyawan KONI Mengadu ke Kemenpora


Baca Juga !.